News Ticker
  • 'Reseller' Investasi Bodong asal Tuban Sebut Jumlah Member 700 Orang, Total Investasi Rp 42 Miliar
  • 'Reseller' Investasi Bodong asal Tuban Laporkan 'Owner Invest Yuks' Lamongan ke Polisi
  • Puluhan Korban Investasi Bodong asal Tuban Lapor Polisi
  • Bikin Resah Warga, Ratusan Motor Berknalpot Brong Diamankan Polres Blora
  • Korban Investasi Bodong Lamongan asal Tuban Diperkirakan 700 Orang dengan Nilai Puluhan Miliar
  • Polisi Minta Warga Tuban yang Menjadi Korban Investasi Bodong di Lamongan Segera Lapor
  • Mengaku Anggota TNI dan Tipu Warga Todanan, Blora, Pria Asal Grobogan Ditangkap Polisi
  • Polres Blora Reka Ulang Kasus Penculikan Pria Bojonegoro yang Culik Istrinya Sendiri
  • Sukses Bertahan Hingga 15 Tahun Beroperasi, Berikut Tips Soto Angkring Mas Boed dalam Menjaga Eksistensinya
  • Diduga Akibat Korsleting Listrik, 3 Unit Bangunan Rumah Warga Kalitidu, Bojonegoro, Terbakar
  • Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Resmikan Jembatan Terusan Bojonegoro-Tuban
  • Ratusan Buruh di Tuban Gelar Aksi Demo, Jalur Pantura Surabaya-Semarang Macet Total
  • Jenuh di Awal Tahun? Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Bangkitkan Semangat
  • Diduga Tenggelam, Warga Sekar, Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai Ngambon, Bojonegoro
  • Polisi Blora Dibantu Polisi Pekalongan, Bekuk 4 Tersangka Komplotan Pembobol Konter HP
  • Kedatangan Kapolres Blora yang Baru, AKBP Aan Hardiansyah Disambut Tradisi Pedang Pora
  • Bupati Pastikan Renovasi Rumah Pemain Timnas Asal Blora, Pratama Arhan, Segera Dilakukan
  • Kandang Warga Baureno, Bojonegoro Terbakar, 21 Ribu Ayam Terpanggang Api, Kerugian Capai Satu Miliar
  • Pemain Timnas Indonesia Asal Blora, Pratama Arhan Pulang Kampung
  • PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan
  • Ditinggal Pergi, Rumah Pensiunan Pegawai Samsat di Blora Ludes Terbakar
  • Awal Tahun, ShopeePay Ajak Masyarakat Lebih Peka dan Manfaatkan Hal Sederhana di Sekitar
  • Tak Terima Ditegur, Warga Jenu, Tuban, Aniaya Tetangganya hingga Tewas

Penerbangan Komersial Rute Jakarta-Blora Dapat Apresiasi dari Pimpinan Daerah Sekitar

Blora - Setelah mangkrak puluhan tahun dan setelah direvitalisasi sejak 2018 oleh Kementerian Perhubungan RI bersama Pemprov Jateng dan Pemkab Blora, kini Bandara Ngloram yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, resmi melayani penerbangan komersial dengan rute Halim Perdana Kusuma, Jakarta-Ngloram, Cepu, Blora.
 
Penerbangan pertama dari maskapai Citilink dilakukan Jumat (26/11/2021) dari Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Bandara Ngloram, Blora, menggunakan pesawat jenis ATR-72.
 
Setibanya di Ngloram, para penumpang disambut dengan pengalungan untaian bunga dan pertunjukan kesenian Barongan Blora. Sebelum memasuki terminal kedatangan, para tamu menyempatkan diri berfoto bersama dengan latar belakang pesawat Citilink.
 
Kedatangan penerbangan perdana ini juga di sambut oleh Wakil Bupati Blora, Bupati Grobogan, Bupati Rembang, perwakilan Bupati Bojonegoro, Tuban, dan Ngawi, bersama jajaran Forkopimda Blora.
 
 
Sesditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI, Nur Isnin Istiartono mengaku bangga atas beroperasinya kembali lapangan terbang di Kabupaten Blora ini.
 
Menurutnya, Bandara Ngloram bukan bandara baru, namun lapangan terbang khusus di tahun 1970-an yang non aktif di tahun 1984. Kemudian diaktifkan kembali oleh Pemerintah Pusat sebagai bandara komersial atau untuk umum.
 
"Selamat Pak Bupati dan jajarannya. Kami mewakili Pak Menteri Perhubungan sangat mendukung beroperasinya kembali bandara ini. Semoga bermanfaat untuk mendukung konektivitas daerah dan mempercepat pertumbuhan ekonomi," tutur Nur Isnin Istiartono.
 
 

Salah satu warga yang hendak pergi ke Jakarta, menggunakan penerbangan perdana dari Bandara Ngloram, Blora. Jumat (26/11/2021) (foto: dok istimewa)

 
Sementara itu Bupati Grobogan, Sri Sumarni, dan Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang hadir secara langsung untuk menyambut penerbangan perdana turut mengungkapkan dukungannya pada Bandara Ngloram.
 
"Kami bersama Pak Bupati Rembang mengucapkan selamat kepada Blora atas beroperasinya Bandara Ngloram di Cepu. Tentunya ini tidak hanya untuk Blora saja, namun juga untuk daerah di sekitarnya termasuk Grobogan dan Rembang. Semoga semakin mewarnai pilihan transportasi bagi masyarakat dan membuka peluang investasi daerah," tutur Bupati Grobogan Sri Sumarni.
 
Sementara itu Hardy Classic, salah satu pengusaha interior mobil sukses di Jakarta merasa bangga bisa secepat ini pulang kampung.
 
"Dulu saya dari Jakarta ke Blora naik motor 20 jam, kemudian sejak ada tol sekitar 10 sampai 12 jam. Kini justru tinggal 1,5 jam sudah sampai Blora. Hebat Pak Bupati. Ini kemajuan untuk Blora, sejarah baru," tutur Hardy, diaspora asli Kecamatan Tunjungan, Blora.
 
 
Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam pengaktivan kembali Bandara Ngloram dan pembukaan penerbangan perdana ini.
 
"Terimakasih kepada semua pihak, baik pusat maupun di daerah. Awalnya penerbangan ini akan ada subsidi dari pemerintah, namun atas berbagai masukan, akhirnya tidak jadi subsidi dan langsung dilempar ke masyarakat. Alhamdulillah penumpangnya tadi penuh dan ini nanti kembali ke Jakarta juga hampir penuh," tutur Bupati.
 
Menurut Bupati, Bandara ini tidak hanya milik Blora namun merupakan kado dari pemerintah pusat kepada beberapa kabupaten di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk itu pihaknya mengundang para pimpinan daerah di sekitar Blora.
 
"Ini merupakan akses transportasi udara untuk kawasan. Semoga bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi kawasan Blora, Rembang, Grobogan, Ngawi, Bojonegoro, dan Tuban. Kita optimistis kawasan ini akan menjadi pusat ekonomi baru. Apalagi banyak proyek strategis nasional di kawasan ini," tutur Bupati.
 
Masih menurut Bupati bahwa pihaknya masih punya PR lagi untuk memperpanjang landasan dan juga fasilitas-fasilitas lainnya.
 
"Kami mohon berkenan untuk Pak Sesditjen bisa bersinergi dengan Pemkab Blora. Kami berharap Pemprov Jawa Tengah untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di bandara ini," kata Arief Rohman.
 
 
Kepala Bandara Ngloram, Blora, Ariadi Widiawan mengatakan bahwa untuk sementara ini penerbangan baru dilaksanakan sepekan dua kali yakni Jumat dan Senin, pulagn pergi (PP).
 
“Untuk jam penerbangan dan harga tiketnya bisa dibuka langsung di aplikasi pembelian tiket pesawat.” tuturnya. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Sosok

Cerita Suparno, Warga Blora yang Sukses Kembangkan Kebun Kelapa di Tengah Pandemi

Cerita Suparno, Warga Blora yang Sukses Kembangkan Kebun Kelapa di Tengah Pandemi

Blora - Pandemi COVID-19 yang masih terjadi tidak menurunkan semangat untuk terus berinovasi di berbagai bidang. Salah satunya dilakukan oleh ...

Infotorial

PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

Bojonegoro - Pembangunan berkelanjutan saat ini dipandang sebagai sebuah DNA bagi keberadaan perusahaan migas. Komitmen pembangunan berkelanjutan menjadi suatu keniscayaan ...

Feature

Cerita Pemuda Blora Berjuang di Tengah Pandemi dengan Membuat Berbagai Jenis Kerajinan Bambu

Cerita Pemuda Blora Berjuang di Tengah Pandemi dengan Membuat Berbagai Jenis Kerajinan Bambu

Blora - Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini ini masih terjadi, membuat Andika Prastiyawan (26) seorang pemuda asal Desa Nglobo, ...

Wisata

Datang ke Blora, Menteri Desa PDDT Kunjungi Wisata 'Sumur Angguk' di Desa Nglobo

Datang ke Blora, Menteri Desa PDDT Kunjungi Wisata 'Sumur Angguk' di Desa Nglobo

Blora - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Dr Drs Abdul Halim Iskandar MPd pada mengunjungi Desa Wisata ...

1642465793.1963 at start, 1642465793.5828 at end, 0.38651585578918 sec elapsed