News Ticker
  • Polres Blora Tangkap Satu Terduga Pengedar Narkotika
  • 6 Bayi di Bojonegoro Lahir Bertepatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022
  • Tampil Sempurna, Paskibraka Blora Tuai Pujian
  • 17 Agustus 2022, 2 Ibu Hamil Lahirkan Bayi di RSUD dr R Sosodoro Bojonegoro
  • 2 Bayi Lahir di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro Tepat Tanggal 17 Agustus 2022
  • Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi 14 Pasal dalam RKUHP
  • Momentum Hari Jadi Jateng Ke-72, Gubernur Gajar Pranowo Ajak Kepala Daerah Jaga Integritas
  • Pembangunan Jalan Blora-Randublatung Tahun Ini Ditargetkan Rampung
  • Diterjang Angin, Tenda Panitia Jambore Pramuka di Balen, Bojonegoro Porak-poranda
  • 288 Jemaah Haji Asal Blora Pulang Lengkap dan Sehat
  • Atap Gedung Sekolah Dasar di Baureno, Bojonegoro Ambrol, Aktivitas Belajar Terganggu
  • Temui Fraksi PKB, Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi RKUHP
  • Macbook Pro M1 Favorit Para Pelanggan
  • Donasi dari Pembaca kumparan untuk Janda Miskin di Jenu, Tuban Telah Disalurkan
  • Relawan 'Nyala Api Abadi' di Bojonegoro Solid Satu Barisan Dukung LaNyalla Nyapres 2024
  • Lupa Matikan Kompor, 3 Kios di Desa Bogowanti, Blora Terbakar
  • Bom yang Ditemukan di Blora Berhasil Diledakkan Unit Penjinak Bom Polda Jateng
  • Identifikasi Benda Diduga Bom yang Ditemukan di Blora Tunggu Tim Jihandak Polda Jateng
  • Sebuah Benda Diduga Bom Ditemukan Warga Blora
  • Penerbangan Wings Air dari Bandara Ngloram ke Pondok Cabe Dibuka Setiap Jumat
  • Penerbangan Pondok Cabe-Ngloram Diharapkan Jadikan Kawasan Blora dan Sekitarnya Makin Berkembang
  • Hari Ini, Wings Air Lakukan Penerbangan Perdana dari Bandara Pondok Cabe ke Ngloram, Blora
  • EMCL Salurkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Bojonegoro
  • Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

Dana Bagi Hasil Migas Blok Cepu, Kado Spesial di Hari Jadi Ke-272 Kabupaten Blora

Blora - Dalam peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora, Sabtu (11/12/2021), ada sejumlah kado spesial yang didapat Kabupaten Blora.
 
Yang pertama yaitu beroperasinya kembali Bandara Ngloram, pembangunan Bendungan Randugunting yang telah memasuki tahap akhir, kemudian yang tidak kalah spesial adalah kabar terbaru dari Dana Bagi Hasil (DBH) Migas Blok Cepu.
 
Hal tersebut disampaikan Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, dalam acara tasyakuran peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati.
 
 
Acara tasyakuran yang secara luring terbatas dan daring melalui live streaming youtube ini dihadiri Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM, jajaran Forkopimda, para mantan Bupati yang sudah purna, dan sejumlah tokoh masyarakat.
 
Acara dimulai dengan pemotongan tumpeng, pembacaan doa, penyerahan tali asih kepada para atlet berprestasi peraih medali PON dan Peparnas 2021, dan sejumlah bantuan sosial.
 
Bupati H Arief Rohman dalam laporannya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora ini mengambil tema “Bangkit Berjuang Sesarengan mBangun Blora”.
 
“Hal ini sesuai dengan keinginan dan tekad kita. Mari kita lupakan semua perbedaan, satukan tekad untuk bekerja memajukan Blora. Begitu banyak tantangan pembangunan dan harapan masyarakat yang harus segera diwujudkan dengan perjuangan yang tidak mudah dan pantang menyerah, sehingga kita butuh kebersamaan yang solid. Monggo Sesarengan mBangun Blora,” ucap Bupati.
 
 

Bupati Blora H Arief Rohman, saat beri sambutan dalam acara tasyakuran peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati. (foto: dok istimewa)

 
Bupati mengungkapkan bahwa dalam peringatan Hari Jadi ke 272 ini, menurut Bupati ada banyak kado spesial yang dirasakan Kabupaten Blora, antara lain beroperasinya kembali Bandara Ngloram per 26 November 2021 lalu, dan pembangunan Bendungan Randugunting yang telah memasuki tahap akhir.
 
Kemudian yang tidak kalah spesial menurut Bupati adalah kabar terbaru dari Dana Bagi Hasil (DBH) Migas Blok Cepu.
 
“Perjuangan panjang telah dimulai sejak saya dan Ibu Etik dilantik. Kami beserta tim berikhtiar melakukan audiensi ke Kementerian ESDM, Kemenkeu dan Kemendagri untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Kabupaten Blora terkait Dana Bagi Hasil Migas," tutur Bupati.
 
 
Menurut Bupati, Kabupaten Blora yang merupakan satu lokasi Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Blok Cepu selama ini tidak mendapatkan Dana Bagi Hasil Migas.
 
“Kami beserta tim membahas draf perubahan Undang-Undang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah untuk memasukkan pasal yang menyatakan bahwa daerah yang masuk dalam satu Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) dapat memperoleh Dana Bagi Hasil Migas walaupun berada di provinsi yang berbeda,” tutur Bupati.
 
Tak hanya itu Bupati juga mengatakan bahwa dengan disahkannya Undang-undang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD) dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 7 Desember 2021 diharapkan angin segar.
Dengan demikian, manfaatnya baru akan diterima Blora di tahun anggaran 2023.
 
"Semoga ini membawa kesejahteraan dan keberkahan untuk Kabupaten Blora yang kita cintai. Pengesahan perubahan UU HKPD dilakukan setelah pengesahan APBN 2022, sehingga baru akan bisa dilaksanakan untuk penyusunan APBN 2023. Semoga di 2023 nanti pembangunan Blora bisa lebih baik lagi,” kata Bupati.
 
 
Sedangkan di tahun 2022 nanti, anggaran pembangunan infrastruktur juga akan ditingkatkan.
Menurutnya, sebagai upaya mewujudkan “Dalan Alus” untuk rekonstruksi jalan tahun 2022 telah dianggarkan sebesar Rp 250 miluiar untuk 16 wilayah kecamatan. Dana ini bersumber dari DAU, DAK, dan pinjaman daerah.
 
"Perlu diketahui nominal tersebut sebesar 150 miliar rupiah berasal dari pinjaman daerah dan anggaran tersebut belum termasuk banprov. Jika ditotal perkiraan mencapai 300 miliaran rupiah. Kita ingin pembangunan infrasrtuktur jalan terus digenjot,” kata Bupati Arief Rohman.
 
 
Oleh sebab itu, melalui momentum Hari Jadi ke 272 ini pihaknya mengajak seluruh pihak baik eksekutif legislatif, dan masyarakat umum sampai dunia usaha untuk bisa bergandeng tangan sesarengan mbangun Blora yang lebih baik lagi.
 
Acara kemudian dilanjutkan dengan hiburan berupa Pentas Wayang Kulit oleh Ki Mulyono dari Desa Tutup, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, bersama pelawak Kirun CS dan Wawan Teamlo. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Sosok

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Wahyu Agung Nugroho

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Blora - Pembebasan lahan untuk keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah saat ini sudah memasuki ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1660885657.7662 at start, 1660885658.0256 at end, 0.25940179824829 sec elapsed