News Ticker
  • Doa untuk Korban Tragedi Kanjuruhan Malang, Suporter Saminista Blora Gelar Aksi Solidaritas
  • Update Penemuan Bayi di Dander, Bojonegoro, Polisi Masih Belum Temukan Ibu Kandung Bayi
  • Diduga Lupa Matikan Kompor, Satu Rumah di Blora Ludes Terbakar
  • Perangkat Desa di Semanding, Tuban Ini Kaget Saldo Tabungannya Jadi Rp 14,8 Triliun
  • Blora Fashion Week, Diharapkan Jadi Titik Awal Bangkitnya Industri Fashion di Blora
  • Kepergok Curi Uang Kotak Amal di Musala, Pria di Blora Jadi Bulan-bulanan Warga
  • Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas
  • Puluhan Emak-emak di Todanan, Blora Gelar Aksi Demo, Tuntut Penutupan Karaoke CI
  • Polisi: Foto yang Beredar di Medsos Bukan Ibu Kandung Pembuang Bayi di Dander, Bojonegoro
  • Sejumlah Saksi Dipanggil, Polisi Belum Temukan Ibu Kandung yang Buang Bayinya di Dander, Bojonegoro
  • Belasan Keluarga Ingin Mengadopsi Bayi yang Ditemukan di Dander, Bojonegoro, Begini Caranya
  • Polisi Masih Mencari Ibu Kandung yang Tega Buang Bayinya di Dander, Bojonegoro
  • Diduga Sengaja Dibuang, Sesosok Bayi Perempuan Ditemukan di Dander, Bojonegoro
  • Ops Sikat Jaran Candi 2022, Polres Blora Tangkap 6 Tersangka dengan Barang Bukti 6 Motor
  • BLT DD di Blora Dipotong, Bupati Perintahkan Dikembalikan dan Awasi Pengembalian Potongan
  • Diduga Pengemudi Mengantuk, Avanza Tabrak Truk di Baureno, Bojonegoro, 3 Orang Tewas
  • Pulang dari Sawah, Seorang Petani di Dander, Bojonegoro, Tewas Disambar Petir
  • Berkunjung ke Blora, MenPAN RB Minta Reformasi Birokrasi Tak Hanya Sekadar Tumpukan Kertas
  • Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Minta Semua Pihak Tidak Lakukan Pemotongan Bantuan Sosial
  • BLT BBM Disunat, Bupati Blora Angkat Bicara, Potongan Sudah Dikembalikan
  • Pernah 3 Kali Gagal Bunuh Diri, Warga Ngasem, Bojonegoro, Ditemukan Meninggal Gantung Diri
  • Viral, Beredar Video Istri Kadus di Blora Potong BLT BBM Rp 20 Ribu Per Orang
  • KLHK, UGM, dan Pertamina Resmikan Hutan Pertagama KHDTK Getas, di Blora
  • Danur Rispriyanto Kembali Terpilih jadi Manajer Tim Futsal Siwo PWI Jateng di Porwanas 2022

PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

Bojonegoro - Pembangunan berkelanjutan saat ini dipandang sebagai sebuah DNA bagi keberadaan perusahaan migas. Komitmen pembangunan berkelanjutan menjadi suatu keniscayaan yang harus menjiwai setiap jejak langkah dan tumbuh kembang perusahaan bersama masyarakat.
 
PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 Jambaran-Tiung Biru (JTB) Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina, kembali menegaskan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan melalui berbagai Program Pengembangan Masyarakat (PPM) guna mendukung upaya pemulihan ekonomi di Kabupaten Bojonegoro.
 
 
Di tahun 2021, PEPC JTB telah bekerjasama dengan beberapa LSM lokal untuk melaksanakan PPM yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan potensi sumber daya lokal seperti penyediaan akses air bersih dan sanitasi, serta meningkatkan kualitas pendidikan. Lebih dari 53.000 jiwa di 20 desa di Kabupaten Bojonegoro bisa merasakan manfaat dari pelaksanaan program PPM PEPC JTB ini.
 
Untuk mendukung peningkatan daya saing sektor pertanian, PEPC bekerjasama dengan Lembaga Fospora membangun sarana prasarana pertanian dan masyarakat desa berupa pembangunan cekdam, penguatan dinding embung, pembuatan sumur bor, pompanisasi dan pipanisasi pertanian di Desa Jari, Kepohkidul, Sugihwaras, Blongsong, Mlideg, Sugihwaras, Karangdowo, Kedungdowo, dan Kumpulrejo. Dari program ini diharapkan lebih dari 100 hektare lahan pertanian akan bisa menikmati pengairan secara reguler.
 
 

Serah terima Program Pengembangan Masyarakat (PPM) PEPC JTB, berupa pipanisasi pertanian di Desa Karangdowo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. (foto: dok istimewa)

 
JTB Site Office & PGA Manager PEPC Edy Purnomo menyampaikan bahwa, program ini merupakan komitmen dari PEPC dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
“Kami berharap melalui program ini masyarakat dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian dan memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Edy Purnomo. Sabtu (08/01/2021).
 
 
Program pengembangan ekonomi produktif juga menjadi salah satu fokus program yang dilakukan PEPC sebagai bentuk dukungan upaya pengembangan potensi sumberdaya lokal. Program revitalisasi BUMDes dengan unit bisnis budi daya ayam petelur kembali dilakukan di tahun 2021 bersama LSM IDFoS di Desa Kaliombo dan Dolokgede. Terbentuknya kawasan ekonomi produktif pedesaan di sektor peternakan ayam petelur ini, diharapkan mampu menyokong ketahanan pangan melalui peningkatan produksi telur di Bojonegoro.
 
Komitmen Pembangunan Berkelanjutan PEPC juga diwujudkan melalui dukungan bagi masyarakat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan melalui program penyediaan akses air bersih dan sanitasi, di mana telah terbangun jaringan perpipaan air bersih sepanjang lebih dari 7,5 kilometer di Desa Pelem, Ngemplak, Gading, Meduri, Ngasinan, dan Prangi.
 
 

Program Pengembangan Masyarakat (PPM) PEPC JTB, guna mendukung upaya pemulihan ekonomi di Kabupaten Bojonegoro berupa penguatan dinding embung. (foto: dok istimewa)

 
Kepala Desa Ngemplak, Kecamatan Baureno Desi Irawati mengucapkan terima kasih kepada PEPC. "Adanya program dari PEPC ini, warga desa sekarang dapat menikmati air melalui pipanisasi yang bisa menjangkau ke rumah," kata Desi Irawati.
 
Di tahun 2021 ini, PEPC juga memberikan komitmen dukungan bagi upaya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam peningkatan kualitas pendidikan dan lingkungan. Sinergi ini diwujudkan melalui pembangunan sarana prasarana pendidikan di SMPN 2 Purwosari dan SMP/SMA Ahmad Yani Baureno, pembentukan Taruna Tanggap Bencana melalui Program Rintisan Desa Siaga di 4 desa, serta komitmen akan pelestarian lingkungan melalui penanaman 3.700 pohon penghijauan di area ruang terbuka hijau, daerah aliran sungai, lahan kritis, dan bahu jalan poros desa di sekitar Proyek JTB.
 
 
Dengan Visi menjadi perusahaan migas nasional kelas dunia, maka penting bagi PEPC untuk terus menegaskan komitmen akan Pembangunan Berkelanjutan. PEPC percaya perwujudan komitmen Pembangunan Berkelanjutan menjadi pondasi fundamental bagi upaya memenuhi kebutuhan energi masa sekarang, serta demi pemenuhan kebutuhan hidup generasi mendatang.
 
Mari tumbuh berkembang bersama PEPC. (adv/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Infotorial

Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas

Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas

Jakarta - Infinix Note 12 menjadi bagian penting dari koleksi brand smartphone Infinix yang merilis beberapa ponsel pada tahun 2022 ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1664858429.1882 at start, 1664858429.4516 at end, 0.26332402229309 sec elapsed