News Ticker
  • Update Penemuan Bayi di Dander, Bojonegoro, Polisi Masih Belum Temukan Ibu Kandung Bayi
  • Diduga Lupa Matikan Kompor, Satu Rumah di Blora Ludes Terbakar
  • Perangkat Desa di Semanding, Tuban Ini Kaget Saldo Tabungannya Jadi Rp 14,8 Triliun
  • Blora Fashion Week, Diharapkan Jadi Titik Awal Bangkitnya Industri Fashion di Blora
  • Kepergok Curi Uang Kotak Amal di Musala, Pria di Blora Jadi Bulan-bulanan Warga
  • Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas
  • Puluhan Emak-emak di Todanan, Blora Gelar Aksi Demo, Tuntut Penutupan Karaoke CI
  • Polisi: Foto yang Beredar di Medsos Bukan Ibu Kandung Pembuang Bayi di Dander, Bojonegoro
  • Sejumlah Saksi Dipanggil, Polisi Belum Temukan Ibu Kandung yang Buang Bayinya di Dander, Bojonegoro
  • Belasan Keluarga Ingin Mengadopsi Bayi yang Ditemukan di Dander, Bojonegoro, Begini Caranya
  • Polisi Masih Mencari Ibu Kandung yang Tega Buang Bayinya di Dander, Bojonegoro
  • Diduga Sengaja Dibuang, Sesosok Bayi Perempuan Ditemukan di Dander, Bojonegoro
  • Ops Sikat Jaran Candi 2022, Polres Blora Tangkap 6 Tersangka dengan Barang Bukti 6 Motor
  • BLT DD di Blora Dipotong, Bupati Perintahkan Dikembalikan dan Awasi Pengembalian Potongan
  • Diduga Pengemudi Mengantuk, Avanza Tabrak Truk di Baureno, Bojonegoro, 3 Orang Tewas
  • Pulang dari Sawah, Seorang Petani di Dander, Bojonegoro, Tewas Disambar Petir
  • Berkunjung ke Blora, MenPAN RB Minta Reformasi Birokrasi Tak Hanya Sekadar Tumpukan Kertas
  • Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Minta Semua Pihak Tidak Lakukan Pemotongan Bantuan Sosial
  • BLT BBM Disunat, Bupati Blora Angkat Bicara, Potongan Sudah Dikembalikan
  • Pernah 3 Kali Gagal Bunuh Diri, Warga Ngasem, Bojonegoro, Ditemukan Meninggal Gantung Diri
  • Viral, Beredar Video Istri Kadus di Blora Potong BLT BBM Rp 20 Ribu Per Orang
  • KLHK, UGM, dan Pertamina Resmikan Hutan Pertagama KHDTK Getas, di Blora
  • Danur Rispriyanto Kembali Terpilih jadi Manajer Tim Futsal Siwo PWI Jateng di Porwanas 2022
  • Bupati Blora Harap Penerbangan dari Bandara Ngloram ke Halim Kembali Dibuka

Bupati Blora Harap Cepu Jadi Pusat Pendidikan Migas Indonesia

 
Blora - Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, pada Senin (10/01/2022) lakukan kunjungan kerja ke kantor Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Minyak dan Gas (Migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.
 
Pada kesempatan tersebut, Bupati Arief Rohman berharap keberadaan PPSDM Migas Cepu bisa mendukung Cepu menjadi pusat pendidikan dan pelatihan SDM Migas di Indonesia.
 
 
Dalam kunjungan tersebut, kedatangan Bupati diterima langsung oleh Kepala PPSDM Migas Cepu Waskito Tunggul Nusanto. Selanjutnya keduanya melakukan diskusi tentang pengembangan potensi SDM Migas yang ada di Kabupaten Blora, baik dari segi pendidikan formal maupun pelatihan masyarakat.
 
Usai berdiskusi, keduanya bergeser ke aula utama PPSDM Migas Cepu untuk membuka Pelatihan Program Bantuan Masyarakat. Setidaknya ada 3 pelatihan yang mulai dilaksanakan tanggal 10 Januari 2022 ini oleh Kementerian ESDM di PPSDM Migas Cepu ini.
 
Di antaranya pelatihan operasi pesawat angkat angkut dan ikat beban tingkat juru ikat beban. Kemudian pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja tingkat operator, serta pelatihan operasi pesawat angkat angkut dan ikat beban tingkat operator forklift.
 
Pembukaan pelatihan tersebut dilaksanakan Kepala PPSDM Migas Cepu dengan mengalungkan kartu tanda peserta disaksikan Bupati Arief Rohman. Adapun pesertanya adalah para pemuda, pemudi dari seluruh Indonesia yang daerahnya memiliki potensi migas.
 
Mulai dari Blora, Tuban, Bojonegoro, Cilacap, Indramayu, Natuna, Sorong, Seram  Bagian Barat, Sumenep, Bengkalis, Kampar, Dumai, Aceh Tamiyang, Lhoksumawe, Jabung Tanjung Barat, Rokan Hilir, Prabumulih, Kota Balikpapan, Tarakan, Tabalong, Kepulauan Aru dan Teluk Bintuni.
 
 

Kepala PPSDM Migas Cepu Tunggul Nusanto, saat beri sambutan dalam pembukaan Pelatihan Program Bantuan Masyarakat, yang digelar PPSDM Migas Cepu, Blora. Senin (10/01/2022) (foto: dok istimewa)

 
Kepala PPSDM Migas Cepu Tunggul Nusanto, menyampaikan bahwa Program Pelatihan Bantuan Diklat Untuk Masyarakat diselenggarakan berdasarkan DIPA PPSDM Migas Cepu Tahun Anggaran 2022 dengan nomor Pelaksanaan Kegiatan  nomor 02/OPK/BPMPP/2022. 
 
“Untuk Pelatihan Operator Kesehatan dan Keselamatan Kerja, setelah mengikuti pelatihan diharapkan peserta dapat memahami peraturan dan perundang-undangan K3 dasar, mampu memilih dan menggunakan peralatan alat pemadam api dengan baik dan benar serta mampu bekerja sama dengan tim dalam usaha pemadaman kebakaran,” ucapnya.
 
Sedangkan pelatihan Operator Pesawat  Angkat Unit Rigger memberikan bekal kepada peserta diklat tentang teori praktis dasar ikat beban pada operasi pesawat angkat di lingkungan kegiatan industri migas dalam rangka memenuhi kompetensi kerja sebagai juru ikat beban (rigger). 
 
“Yang ketiga pelatihan Operator Pesawat Angkat Unit Forklift, diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami tentang pengoperasian pengoperasian unit Forklift di kegiatan industri migas sesuai dengan standar operasi prosedur dalam rangka memenuhi Kompetenai kerja sebagai Operator Pesawat Unit Forklift,” tuturnya menambahkan.
 
 
Menurutnya pelatihan akan dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai dengan 28 Januari 2022, dilanjutkan ujian sertifikasi tanggal 31 Januari 2022 sampai dengan 2 Februari 2022 di PPSDM Migas Cepu.
 
“Kami berharap semua peserta bisa mengikutinya dengan baik dan bisa lulus semuanya. Pesan kami tetap patuhi protokol kesehatan. Selama pelatihan semua peserta tinggal di asrama, dan akan kita ambil tes PCR nya agar kita semua dipastikan aman,” kata Kepala PPSDM Migas Cepu Tunggul Nusanto.
 
 

Bupati Blora H Arief Rohman, saat beri sambutan dalam pembukaan Pelatihan Program Bantuan Masyarakat, yang digelar PPSDM Migas Cepu, Blora. Senin (10/01/2022) (foto: dok istimewa)

 
Sementara itu, Bupati Arief Rohman dalam sambutannya menyambut baik kegiatan pelatihan bagi masyarakat yang dilaksanakan PPSDM Migas Cepu secara rutin setiap tahun dengan peserta dari berbagai wilayah se Indonesia.
 
“Selamat mengikuti pelatihan di wilayah kami. Kita berharap kedepan keberadaan PPSDM Migas Cepu disini bisa mendukung Cepu menjadi pusat pendidikan dan pelatihan SDM Migas di Indonesia. Apalagi disini juga ada PEM Akamigas dan lapangan sumur minyak tua yang siap menjadi lokasi edukasi migas Indonesia,” tutur Bupati Arief Rohman.
 
 
Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini juga berharap kedepan kuota pelatihan gratis untuk masyarakat ini bisa terus ditambah sehingga SDM migas terampil bisa terus bertambah dan tersalurkan untuk mendukung kelangsungan industri migas daerah.
 
“Semakin banyak SDM migas yang dicetak di sini, maka semakin banyak orang yang mengenal Cepu. Apalagi sekarang Blora sudah punya Bandara Ngloram. Semoga bisa ikut menunjang transportrasi operasional peserta pelatihan migas,” kata Bupati Arief Rohman. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Infotorial

Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas

Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas

Jakarta - Infinix Note 12 menjadi bagian penting dari koleksi brand smartphone Infinix yang merilis beberapa ponsel pada tahun 2022 ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1664854655.8416 at start, 1664854656.0993 at end, 0.25766181945801 sec elapsed