News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
Bupati Harap MTs Negeri Blora Dukung Kemajuan Pendidikan

Bupati Harap MTs Negeri Blora Dukung Kemajuan Pendidikan

Blora - Bupati Blora H Arief Rohman, pada Senin (28/03/2022), resmikan Asrama (Boarding School) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Blora, yang terletak di Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.
 
Dalam sambutannya, Bupati menyambut baik dengan telah diresmikannya gedung asrama MTsN Blora. Pihaknya berharap dengan adanya fasilitas gedung tersebut bisa mendukung kemajuan pendidikan di MTsN Blora agar semakin berkualitas.
 
"Terkait dengan kualitasnya tentu harus terus ditingkatkan, karena ini sudah boarding, dengan ini tentu pengawasan lebih mudah, kemampuan bahasa Inggrisnya tadi juga sudah, inovatif berbagai penjurusan," tutur Bupati Arief Rohman.
 
 
Menurut Bupati, dengan semakin berkualitas maka MTsN Blora dapat semakin kompetitif dan memiliki daya saing.
 
"Kalau sekolah kualitasnya baik pasti akan dicari orang, apalagi sekarang eranya kompetitif ini harus mampu untuk bersaing, guru-guru ditingkatkan, SDM nya juga, tinggal nanti saya harapkan MI nya juga," tutur Bupati.
 
Dihadapan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jawa Tengah, H Musta’in Ahmad, dan Kepala Kemenag Blora, HM Kafit, Bupati Arief menyampaikan bahwa peningkatan kualitas dan pengembangan SDM di Kabupaten Blora menjadi perhatiannya.
 
“Pada prinsipnya peningkatan pengembangan SDM menjadi salah satu visi misi kami. Kami ingin menggandeng perguruan tinggi keagamaan untuk anak-anak kita lulusan dari Aliyah, MAN, dan sebagainya, kalau mau kuliah dia tidak mampu, kita berikan beasiswa,” kata Bupati.
 
 
Menurutnya, Pemkab Blora turut memberi perhatian kepada guru-guru Madin, TPQ, dan sebagainya. Bupati berkeinginan agar juga semakin banyak hafiz dan hafizah yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.
Selain itu, kaitannya dengan pendidikan di pondok pesantren, Pemkab berencana akan menyusun Perda tentang Pondok Pesantren.
 
“Kita ada program-program, yang kami minta tolong kemenag juga, ini kita tahun ini kami akan susun  Perda tentang pesantren, jadi sudah masuk Prolegda tinggal nanti pembahasannya di akhir drafnya dan sebagainya nantinya dengan Kemenag akan terus bersinergi,” ucap Bupati.
 
 

Bupati Blora H Arief Rohman, saat resmikan Asrama Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Blora. Senin (28/03/2022) (foto: dok istimewa)

 
Sementara itu, Kakanwil Kemenag Jateng H Musta’in Ahmad menyampaikan bahwa penyediaan sarana dan prasarana tersebut salah satunya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pendidikan.
 
“Pemerintah terus melakukan upaya sungguh-sungguh untuk memberi pelayanan semakin baik kepada masyarakat khususnya sarpras, infrastruktur menjadi bagian pokok untuk berkembang jadi luas,” katanya
 
Menurut H Musta’in Ahmad, Kemenag berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan layanan kepada masyarakat.
 
"Kemenag melalui program pembangunan sumber dana SBSN, untuk Kemenag, itu pertama digunakan untuk pembangunan kegiatan fisik madrasah,” tuturnya mengimbuhkan
 
Pihaknya berharap, dengan adanya fasilitas gedung asrama tersebut bisa mendukung MTsN Blora untuk lebih maju. Termasuk rencana dukungan untuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) yang ada di Kabupaten Blora. Pihaknya juga
mengapresiasi perhatian dan dukungan di Kabupaten Blora yang selama ini telah bersinergi dengan Kemenag.
 
“Kementerian Agama, tidak bisa sendirian, dan kita bersama-sama dengan kabupaten untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” kata H Musta’in Ahmad.
 
 
Kepala MTs Negeri Blora, Adibatus Syarifah, menyampaikan bahwa pada tahun 2021 mendapatkan bantuan pembangunan asrama dengan nilai sekitar 4 miliar rupiah. Menurutnya, asrama tersebut nantinya bisa menampung hingga 96 orang. Pihaknya juga berharap, dengan adanya fasilitas tersebut mampu mendukung proses pembelajaran.
 
“Kami mohon dukungan bapak Kakanwil dan Bapak Bupati untuk pengembangan kami yang ada di madrasah ini, karena terus terang untuk peminatnya di sini sudah banyak, Jumlah siswa MTSN Blora dua tahun terakhir mengalami kenaikan, sekarang jumlah siswa kami 647 dengan 23 rombongan belajar,” kata Adibatus Syarifah
 
 
Pihaknya menyampaikan, bahwa akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Kemenag Blora dalam pelaksanaan tugas.
 
“Kami mengucapkan terimakasih atas kerawuhan Bapak Kakanwil dan Bapak Bupati yang sudah hadir, kami Insyaallah akan selalu berkoordinasi dalam melaksanakan tugas-tugas kami,” kata Adibatus Syarifah.
 
Dalam peresmian tersebut, Bupati Arief Rohman bersama dengan Kakanwil Kemenag Jateng, didampingi  Kepala Kemenag Blora, melakukan pemotongan pita secara simbolis sebagai tanda diresmikannya gedung tersebut. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Iklan EMCL
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1714108269.7514 at start, 1714108270.0196 at end, 0.26821804046631 sec elapsed