News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
Tetap Hemat Sambut Hari Raya, Ini Tips Bijak Maksimalkan Dana THR

Tetap Hemat Sambut Hari Raya, Ini Tips Bijak Maksimalkan Dana THR

Jakarta - Selain tradisi mudik atau pulang kampung, ada satu momen yang tak kalah ditunggu oleh banyak masyarakat Indonesia menjelang Lebaran, yaitu menerima tunjangan hari raya (THR).
 
Telah menjadi tradisi, diterimanya THR menjadi momentum berbelanja ragam pernak-pernik Lebaran bagi seluruh keluarga. Padahal, dana THR dapat memberikan banyak manfaat tambahan bukan hanya di momen Lebaran, namun juga jangka panjang. Hal ini tentu membutuhkan strategi bijak yang mungkin dapat mulai diterapkan mulai tahun ini.
 
 
Penasaran bagaimana tips menggunakan dana THR dengan bijak jelang lebaran? Yuk, simak beberapa tips berikut ini:
 
Rencanakan bujet sesuai kategori kebutuhan
 
Agar tidak kalap dalam menyambut hari raya, menentukan agenda pengeluaran sejak awal tentunya sangat esensial. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat skala prioritas akan hal yang dibutuhkan dalam menyambut Lebaran, seperti belanja bahan makanan, pakaian, dan berbagai kebutuhan lainnya. Selain skala prioritas, menentukan batas pengeluaran sejak awal juga memberikan dorongan lebih untuk mencari alternatif belanja yang lebih terjangkau. Tips tambahan, manfaatkan juga platform belanja online seperti IDMarco, Dropezy, dan Mycoplan yang menawarkan berbagai promo menarik untuk pengeluaran yang lebih tertata. Setelah kebutuhan primer terpenuhi, lanjutkan dengan menyusun kebutuhan tambahan lainnya yang menambah semarak Idulfitri.
 
Susun dengan cermat alokasi dana mudik dan tradisi lebaran
 
Sebagai salah satu momen spesial yang paling ditunggu setiap tahun, momen lebaran tentu sarat akan berbagai tradisi khas. Beberapa kebiasaan seperti makan bersama, saling mengirim hantaran atau hamper, serta temu sapa dengan kerabat dan tetangga di hari raya tentu hadir menambah kedekatan dan mempererat tali silaturahmi. Jika sudah berencana mengirim hamper bagi kerabat dan keluarga setelah THR tiba, jangan lupa lakukan riset sejak awal untuk jumlah hamper yang akan dikirimkan, paket yang dipilih, serta pengeluaran total yang dibutuhkan. Sebagai rekomendasi, beberapa brand seperti Hong Tang, FlowerAdvisor, dan Fore Coffee juga punya pilihan hamper yang cocok jadi pilihan di tahun ini.
 
Untuk kamu yang berencana mudik ke kampung halaman tahun ini, jangan lupa alokasikan dana mudik sejak awal, ya. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pertimbangkan juga untuk melakukan pemeliharaan kendaraan sebelum perjalanan serta stok perbekalan yang cukup untuk mencegah pengeluaran tak terduga. Saat di perjalanan, hibur keluarga dengan memanfaatkan ragam menu promo dari brand favorit seperti Sour Sally, Cuppa Coffee, Ichiban Sushi, Happy Lemon, Rice Bowl, hingga Sharetea. Sesampainya di tujuan, tambah keseruan Lebaran bersama keluarga dengan manfaatkan fitur Transfer ke Bank dari ShopeePay untuk mengirimkan THR yang gratis tanpa batas ke berbagai bank. Jadi, kamu bisa kirim THR berkali-kali dengan praktis tanpa perlu khawatir biaya admin.
 
 
Sisihkan dana THR untuk mulai investasi
 
Kebutuhan Lebaran memang banyak, tapi jangan sampai hal tersebut jadi penghalang untuk berinvestasi. Menyisihkan dana investasi merupakan langkah yang penting untuk merencanakan kondisi finansial secara jangka panjang. Terlebih, di zaman sekarang telah tersedia beragam instrumen investasi yang bisa dieksplorasi sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan kemampuan. Pastikan instrumen investasi yang dipilih merupakan alat yang tepat, aman, dan memiliki risiko yang terukur agar bisa membawa keuntungan di kemudian hari. Tak hanya investasi, dana THR yang baru diterima juga bisa menjadi jalan ninja untuk mempersiapkan dana darurat, lho! Tentunya, dana ini sangat berguna apabila ada keperluan mendesak yang harus dipenuhi dalam waktu singkat tanpa harus menguras kantong utamamu.
 
Pertimbangkan promo saat traktir keluarga
 
Bulan Ramadan merupakan momen spesial yang penuh kehangatan. Manfaatkan waktu Lebaran untuk berbagi ke orang-orang terdekat sebagai wujud kasih sayang di momen spesial ini. Tidak perlu takut boncos, kamu bisa manfaatkan penawaran spesial dari ShopeePay Day pada tanggal 22-24 April yaitu Bukber Hemat Cashback 90%, Voucher ShopeePay Rp1, dan Minimarket Pasti Diskon. Tak sampai situ, nikmati juga keseruan ShopeePay Big Ramadan Deals pada tanggal 25-27 April melalui Bukber Hemat Cashback 90%, Voucher ShopeePay Rp10, hingga Minimarket Pasti Diskon. Jadi, kamu bisa traktir keluarga seperti sultan tanpa khawatir THR habis seketika.
 
 
Itulah empat tips maksimalkan dana THR dengan bijak yang bisa kamu terapkan agar tidak segera kalap. Semakin hemat, pada tanggal 25 April mendatang akan berlangsung promo puncak ShopeePay Big Ramadan Deals dengan penawaran yang semakin spesial, yaitu Cashback 100% Seharian, Voucher ShopeePay Rp1, dan Minimarket Pasti Diskon untuk ramaikan suasana jelang Lebaran dengan semakin hemat dan menyenangkan.
 
Selain merchant di atas, nikmati juga kemeriahan kampanye ShopeePay Day dan ShopeePay Big Ramadan Deals di Alodokter, Dapur Solo, Maxx Coffee, Gaaram x Goola, Kimukatsu, Kokumi, Martabak Legit, Street Boba, Ta Wan, Ya Kun Kaya Toast, Mie Tarik Laiker, Zenius, dan masih banyak lagi selama periode kampanye. Caranya mudah, cukup membeli Voucher Cashback di fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee dan gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran. Nggak sabar untuk maksimalkan dana THR secara bijak? Yuk, cari tahu lebih lanjut soal ShopeePay Day dan ShopeePay Big Ramadan Deals di sini untuk nikmati momen Ramadan dengan lebih spesial dan hemat. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Iklan EMCL
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1714010112.6177 at start, 1714010112.8582 at end, 0.24046516418457 sec elapsed