News Ticker
  • Program Beasiswa ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Berani Bermimpi dan Gigih Menjemput Masa Depan 
  • Peringati Hari Bhayangkara, SKK Migas dan EMCL Olahraga Bersama Polres Bojonegoro
  • Hari Keenam Porprov Jatim, Kontingen Bojonegoro Tambah 2 Emas, 2 Perak, dan 2 Perunggu
  • Hari Kelima Porprov Jatim, Kontingen Bojonegoro Tambah 1 Emas, 1 Perak, dan 2 Perunggu
  • Porprov Jatim 2022, Kontingen Bojonegoro Raih 2 Emas dan 2 Perunggu dari Atletik
  • Sepak Takraw Beregu Putri Bojonegoro Raih Medali Perunggu Porprov Jatim 2022
  • Atlet Sepatu Roda Bojonegoro Raih Satu Medali Perak Porprov Jatim 2022
  • Hari Ketiga Porprov Jatim 2022, Kontingen Bojonegoro Tambah 3 Medali Perunggu
  • Pecatur Bojonegoro Raih Satu Medali Perak di Ajang Porprov Jatim 2022
  • Atlet Judo Bojonegoro Sumbang Satu Medali Perak dan Dua Perunggu di Porprov Jatim 2022
  • Hari Kedua Porprov Jatim 2022, Bojonegoro Duduki Peringkat 7 dalam Perolehan Medali Sementara
  • Di Luar Dugaan, Atlet Taekwondo Bojonegoro Raih Satu Medali Perak di Porprov Jatim 2022
  • Porprov Jatim 2022, Atlet Angkat Besi Bojonegoro Sumbang 7 Emas, 5 Perak, dan 7 Perunggu
  • Wagub Jateng dan Bupati Blora Launching Vaksinasi PMK di Desa Jepangrejo
  • Cabor Esports Bojonegoro Raih Satu Perunggu dalam Pertandingan Ekshibisi Porprov Jatim 2022
  • Hari Pertama Porprov Jatim, Kontingen Bojonegoro Sementara Aman di Posisi 10 Besar
  • Hari Pertama Porprov Jatim, Atlet Angkat Besi Bojonegoro Borong 4 Medali Emas
  • EMCL Raih Penghargaan CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2022
  • Usai Anaknya Tewas Tertembak di Tuban, Suasana Duka Masih Selimuti Keluarga Buya Arrazy
  • 753 PPPK Guru Terima SK Pengangkatan dari Bupati Blora
  • Keluarga Dai Kondang Buya Arrazy Mengikhlaskan Anaknya yang Tewas Tertembak di Palang, Tuban
  • Inilah Kronologi Tewasnya Anak Dai Kondang Buya Arrazy di Palang, Tuban
  • Anak Dai Kondang Buya Arrazy Tewas Tertembak di Palang, Tuban
  • Berikut Ini Data Korban Kebakaran di Pasar Bungkal, Desa Sidobandung, Bojonegoro

BKKBN Serahkan Bantuan Bedah Pawon Waras di Kelurahan Bangkle, Blora

Blora - Kepala Badan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr (HC) dr Hasto Wardoyo Sp OG (K) bersama dengan Anggota Komisi IX DPR RI Dr H Edy Wuryanto SKp MKes, pada Sabtu (14/05/2022) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora.
 
Kedatangan Kepala BKKBN dan Anggota DPR RI tersebut disambut secara langsung oleh Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati ST MM, di Kelurahan Bangkle, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora.
 
 
Di Kelurahan Bangkle, rombongan melakukan kunjungan dan gotong royong ‘Bedah Pawon Waras’ sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat.
 
Dr Hasto dan Edy Wuryanto juga menyerahkan secara simbolis bantuan uang tunai untuk bedah pawon atau dapur tersebut diserahkan kepada keluarga Suryat dan Suwarno, dengan turut disaksikan Bupati Blora, Wakil Bupati Blora, dan Lurah Bangkle.
 
Setelah menyerahkan bantuan, dr Hasto dan Edy Wuryanto melakukan peletakan batu pertama pembangunan dapur milik Suryat. Rombongan bahkan melakukan gotong royong untuk menata batu bata yang akan digunakan untuk membangun dapur.
 
Mulai dari Kepala BKKBN, Anggota DPR RI, Bupati Blora, Wakil Bupati Blora, pihak perwakilan dari aplikasi Bidanku, serta masyarakat melakukan gotong royong dengan cara ‘Banjar Dowo’ untuk memindahkan batu bata ke lokasi Bedah Pawon.
 
Banjar Dowo sendiri istilah yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan berbaris mengulurkan/memindahkan barang satu orang ke orang lainnya, sehingga pekerjaan bisa menjadi lebih cepat.
 
Kepala BKKBN berharap dengan adanya Bedah Pawon Waras ini nantinya keluarga tersebut dapat memiliki dapur yang layak dan sehat.
 
"Semoga nantinya keluarga tersebut dapat memberikan gizi yang baik dan sehat kepada anak-anaknya. Khususnya mencegah stunting," ucapnya
 
 
 
Sementara itu, Lurah Bangkle, Andi Nurrohman, menyambut baik adanya bantuan dan program dari pemerintah terkait Bedah Pawon Waras kepada warganya ini. Adapun sasarannya adalah keluarga Suryat dan Suwarno, Ia pun juga menceritakan kondisi dapur warga tersebut.
 
“Kaitannya program bedah pawon waras atau dapur sehat ini dapat perhatian dari pemerintah pusat, dari kepala BKKBN Pusat, dari DPR RI, dari aplikasi Bubidan,” tutur Andi.
 
Menurutnya ini ada warga kami di keluarga risiko stunting, yang mana dari dapurnya ini tidak selayaknya dapur, jadi memang keberadaannya tidak permanen dan tata letaknya semrawut dan artinya PHBS tidak terlaksana di keluarga penerima ini.
 
"Masing-masing penerima tersebut mendapatkan bantuan uang tunai senilai 10 juta rupiah," tuturnya mengimbuhkan
 
 
Pihaknya berterima kasih, dengan adanya bantuan ini diharapkan keluarga tersebut memiliki dapur layak serta sehat sehingga harapannya gizi yang diberikan juga sehat.
 
“Alhamdulillah dapat bantuan untuk bedah pawon, artinya kalaupun pawon dapurnya sehat harapannya gizi yang diberikan kepada anak inipun sehat dan anak juga tumbuh kembang dengan baik dan stunting itu bisa tertangani,” kata Lurah Bangkle
 
Rencananya, masyarakat setempat akan bergotong-royong untuk membangun dapur yang sehat bagi keluarga penerima bantuan tersebut.
 
“Pengerjaan dapurnya gotong-royong dengan melibatkan tetangga lokasi penerima,” kata Andi Nurrohman
 
Selepas dari Bangkle, rombongan kemudian menuju RSUD Dr R Soetijono Blora untuk meninjau pelaksanaan KB dengan jenis MOW. Kedatangan rombongan disambut oleh Direktur RSUD dr Puji Basuki MKes.
 
Dr Hasto dan Edy Wuryanto juga menyempatkan diri untuk menemui sekaligus berbincang dengan salah satu masyarakat yang hendak melakukan KB jenis MOW. Pihaknya kemudian juga menyerahkan bingkisan kepada salah satu masyarakat tersebut.
 
 
Bupati Arief Rohman, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kepala BKKBN dan Anggota Komisi IX untuk memberikan program bedah dapur sehat, serta dukungan program KB dalam rangka penanganan stunting.
 
"Khususnya dalam pembangunan kesehatan masayarakat. Stunting di Blora memang masih menjadi perhatian kita bersama, termasuk pelayanan KB yang terus didorong dengan menggandeng sejumlah stakeholder. Pembangunan kesehatan merupakan salah satu program prioritas kami dalam rangka mencetak SDM yang unggul. Blora siap untuk terus bersinergi dengan BKKBN dan Komisi IX dalam membangun inframerah kesehatan," ucap Bupati.
 
Dalam pelaksanaan KB MOW di RSUD Blora telah berhasil melayani pasien 17 orang. Sedangkan di gedung PKK sebanyak 81 KB implan.
 
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan talkshow kesehatan serta Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana di Pendopo Rumah Dinas Bupati dengan diikuti seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Blora, IBI, Penyuluh KB, Muslimat, Fatayat, GenRe Blora, dan OPD terkait. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Sosok

Modal Nekat, Polisi di Blora Ini Buka Sekolah Ngaji, Kini Miliki 60 Santri

Sosok

Modal Nekat, Polisi di Blora Ini Buka Sekolah Ngaji, Kini Miliki 60 Santri

Blora - Sosok Aipda Adi Tri Sukmoro, yang sehari harinya menjabat sebagai Kepala Jaga (Ka Jaga) Satuan Samapta Polres Blora, ...

Infotorial

Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro

Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro

Bojonegoro - Swiwings Indonesia, salah satu bisnis waralaba yang telah memiliki cabang di sejumlah kota di Pulau Jawa, kini membuka ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1656849199.3286 at start, 1656849199.5795 at end, 0.25094795227051 sec elapsed