News Ticker
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
  • Berkah Ramadan, Petani Blewah di Blora Mengaku Untung Besar
  • Kembali Targetkan Raih Opini WTP, Ini yang Dilakukan Pemkab Blora
  • Diduga Sakit Epilepsi Kambuh, Warga Bubulan, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Sungai
  • Gebyar Ramadan Blora 2024 Kini Dikonsep Semakin Matang
  • Tinjau Tebing Sungai Longsor di Cepu, Blora, Bupati Koordinasi dengan BBWS Bengawan Solo
  • Tergerus Banjir Bengawan Solo, Akses Jalan Kedungtuban-Cepu, Blora Terancam Putus
  • Tebing Bengawan Solo Longsor, Empat Rumah Warga di Blora Terancam
  • Berjalan Kaki saat ke Sekolah, Siswi SMK dapat Sepeda dari Ka SPKT Polsek Blora
  • Polisi di Bojonegoro Bagikan 3.000 Nasi Bungkus bagi Warga Terdampak Banjir Bengawan Solo
Ini Tips Berbisnis Ibu Titin, Sosok Ibu Tunggal yang Berhasil Membesarkan Ketiga Anaknya

Ini Tips Berbisnis Ibu Titin, Sosok Ibu Tunggal yang Berhasil Membesarkan Ketiga Anaknya

"Andalkan berbisnis melalui aplikasi Mitra Shopee sebagai sumber penghasilan, Titin berhasil menambah pemasukan keluarga hingga biayai kebutuhan anak-anaknya.
 
 
Jakarta- Menjadi orang tua memiliki tanggung jawab yang tak mudah, terlebih jika peran itu harus dilakukan seorang diri. Tak sedikit pula anggota masyarakat yang harus menempuh berbagai perjuangan dan pengorbanan demi memenuhi kebutuhan sang anak.
 
Hal tersebut pun dilakukan oleh Titin Sumarni, seorang Mitra Shopee di Jakarta yang selama 14 tahun terakhir telah berjuang menghidupi anak-anaknya seorang diri. Tak menyerah, ia yang harus mencari nafkah tanpa suaminya tetap semangat dan terus mencoba berbagai usaha untuk dapat menjadi tulang punggung bagi ketiga anaknya.
 
 
Setelah mencoba berbagai jenis usaha, Titin menemukan bisnis yang menjanjikan yaitu berjualan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan layanan pembayaran berbagai tagihan serta isi saldo ShopeePay melalui aplikasi Mitra Shopee.
 
“Satu-satunya keterampilan yang saya miliki adalah menjahit, dan dulu saya manfaatkan dengan bekerja di butik serta usaha jahit di rumah. Namun, saya merasa perlu bangkit mencoba tantangan baru dan memiliki bisnis yang lebih menjanjikan. Di situlah jiwa wirausaha saya semakin terdorong, dan saya memutar otak untuk bisa membuka usaha lainnya dari rumah,” jelas Titin.
 
 

Keterangan foto: Ibu Titin menunjukkan aplikasi Mitra Shopee di depan warungnya. (foto: dok istimewa)

 
Usaha menjahit Titin pun tak lagi dilanjutkan, dan berbagai bisnis mulai ia coba jalani. Ia mulai dari usaha warung kopi di rumahnya yang menawarkan berbagai minuman dan makanan ringan. Setelah secara perlahan berhasil mengumpulkan modal tambahan, warung kopi milik Titin mulai berkembang dan menawarkan kebutuhan masyarakat lainnya seperti bensin motor. Tidak hanya itu, Titin juga menyadari bahwa dalam dua tahun terakhir masyarakat sudah semakin familiar dengan teknologi sehingga segala pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan transaksi pun semakin bergeser ke arah serba digital. Melihat situasi tersebut, Titin mencoba melihat peluang yang berbeda yakni berjualan produk digital.
 
“Awalnya saya hanya ingin membuat tempat ‘nongkrong’ yang nyaman. Namun, di tengah era digital, saya sadar pasti banyak orang yang membutuhkan pulsa, paket data, dan berbagai kebutuhan produk digital lainnya. Di situ saya melihat adanya peluang untuk berbisnis dan bertemu dengan aplikasi Mitra Shopee. Selain warung kopi, sekarang saya juga membuka kios pulsa dan mendapatkan banyak langganan dari masyarakat sekitar. Kehadiran teknologi sangat membantu saya dalam mempermudah usaha saya dan mendapatkan penghasilan tambahan,” tutur Titin.
 
 
Kerja kerasnya selama belasan tahun membesarkan ketiga anaknya seorang diri telah berhasil mengantarkan putra sulungnya hingga lulus kuliah dan bekerja. Kedua putrinya pun kini tengah menempuh perguruan tinggi. Semua ini berhasil dicapai oleh Titin berkat semangat dan kegigihannya dalam menekuni berbagai usaha dan terus mencoba peluang baru di era digital ini.
 
Titin pun berbagi 3 tips untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan teknologi:
 
1. Fokus dalam memperhatikan kebiasaan dan kebutuhan masyarakat
 
Saat warung kopi miliknya mulai ramai dengan pengunjung, Titin kerap mendengar bahwa para pengunjung harus pergi ke tempat lain untuk membeli pulsa, paket data, serta token PLN. Kecermatannya dalam memperhatikan kebutuhan para pelanggannya pun mengarahkan Titin untuk menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat, dan berhasil memberikan penghasilan tambahan baginya. Kini, pelanggan warung kopi Titin bisa secara mudah membeli berbagai produk digital selagi bersantai menikmati kopi. Sebaliknya, pelanggan yang ingin membeli produk digital dari Titin pun bisa berhenti sejenak dan membeli makanan dan minuman dari warung kopinya.
 
2. Pilih aplikasi layanan produk digital yang tepat
 
Kepuasan pelanggan dalam bertransaksi di warungnya menjadi prioritas utama dalam menjalankan usahanya. Untuk terus menjaga kepuasan pelanggan, Titin merasa perlu memilih aplikasi layanan produk digital yang tepat, dan ia menemukan solusi yang tepat dari aplikasi Mitra Shopee. Ia mengaku bahwa teknologi yang dihadirkan aplikasi Mitra Shopee terbilang mudah digunakan oleh siapa saja, dan, kecepatan dalam bertransaksi melalui Mitra Shopee juga menjadi alasan utama ia memilih berbisnis menggunakan Mitra Shopee. Titin pun mengatakan bahwa harga yang ditawarkan oleh Mitra Shopee sangat terjangkau dan dapat bersaing.
 
 
 
3. Aktif melakukan promosi ke pelanggan
 
Di tengah banyaknya kompetisi dalam menjual produk digital, Titin menyadari bahwa ia perlu rajin menjemput rezeki dan aktif menawarkan berbagai produk dan layanan digital kepada para pelanggan warung kopi miliknya. Ketika banyak masyarakat yang masih belum mengetahui layanan atau produk digital apa saja yang ditawarkan oleh Titin melalui Mitra Shopee, ia pun tak pernah ragu untuk menawarkan layanan dan produk yang ditawarkan, seperti token listrik PLN, pembayaran internet rumah, paket data, dan layanan isi saldo ShopeePay. Berkat usahanya dalam melakukan promosi, kini banyak pelanggan Titin yang telah menjadi langganan dan menjadikan warung kopi miliknya sebagai tempat membeli atau membayar berbagai kebutuhan digital. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Ucapan SELAMAT HARI PERS NASIONAL 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1711691838.9694 at start, 1711691840.6498 at end, 1.6804189682007 sec elapsed