News Ticker
  • Program Beasiswa ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Berani Bermimpi dan Gigih Menjemput Masa Depan 
  • Peringati Hari Bhayangkara, SKK Migas dan EMCL Olahraga Bersama Polres Bojonegoro
  • Hari Keenam Porprov Jatim, Kontingen Bojonegoro Tambah 2 Emas, 2 Perak, dan 2 Perunggu
  • Hari Kelima Porprov Jatim, Kontingen Bojonegoro Tambah 1 Emas, 1 Perak, dan 2 Perunggu
  • Porprov Jatim 2022, Kontingen Bojonegoro Raih 2 Emas dan 2 Perunggu dari Atletik
  • Sepak Takraw Beregu Putri Bojonegoro Raih Medali Perunggu Porprov Jatim 2022
  • Atlet Sepatu Roda Bojonegoro Raih Satu Medali Perak Porprov Jatim 2022
  • Hari Ketiga Porprov Jatim 2022, Kontingen Bojonegoro Tambah 3 Medali Perunggu
  • Pecatur Bojonegoro Raih Satu Medali Perak di Ajang Porprov Jatim 2022
  • Atlet Judo Bojonegoro Sumbang Satu Medali Perak dan Dua Perunggu di Porprov Jatim 2022
  • Hari Kedua Porprov Jatim 2022, Bojonegoro Duduki Peringkat 7 dalam Perolehan Medali Sementara
  • Di Luar Dugaan, Atlet Taekwondo Bojonegoro Raih Satu Medali Perak di Porprov Jatim 2022
  • Porprov Jatim 2022, Atlet Angkat Besi Bojonegoro Sumbang 7 Emas, 5 Perak, dan 7 Perunggu
  • Wagub Jateng dan Bupati Blora Launching Vaksinasi PMK di Desa Jepangrejo
  • Cabor Esports Bojonegoro Raih Satu Perunggu dalam Pertandingan Ekshibisi Porprov Jatim 2022
  • Hari Pertama Porprov Jatim, Kontingen Bojonegoro Sementara Aman di Posisi 10 Besar
  • Hari Pertama Porprov Jatim, Atlet Angkat Besi Bojonegoro Borong 4 Medali Emas
  • EMCL Raih Penghargaan CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2022
  • Usai Anaknya Tewas Tertembak di Tuban, Suasana Duka Masih Selimuti Keluarga Buya Arrazy
  • 753 PPPK Guru Terima SK Pengangkatan dari Bupati Blora
  • Keluarga Dai Kondang Buya Arrazy Mengikhlaskan Anaknya yang Tewas Tertembak di Palang, Tuban
  • Inilah Kronologi Tewasnya Anak Dai Kondang Buya Arrazy di Palang, Tuban
  • Anak Dai Kondang Buya Arrazy Tewas Tertembak di Palang, Tuban
  • Berikut Ini Data Korban Kebakaran di Pasar Bungkal, Desa Sidobandung, Bojonegoro

Ini Tips Berbisnis Ibu Titin, Sosok Ibu Tunggal yang Berhasil Membesarkan Ketiga Anaknya

"Andalkan berbisnis melalui aplikasi Mitra Shopee sebagai sumber penghasilan, Titin berhasil menambah pemasukan keluarga hingga biayai kebutuhan anak-anaknya.
 
 
Jakarta- Menjadi orang tua memiliki tanggung jawab yang tak mudah, terlebih jika peran itu harus dilakukan seorang diri. Tak sedikit pula anggota masyarakat yang harus menempuh berbagai perjuangan dan pengorbanan demi memenuhi kebutuhan sang anak.
 
Hal tersebut pun dilakukan oleh Titin Sumarni, seorang Mitra Shopee di Jakarta yang selama 14 tahun terakhir telah berjuang menghidupi anak-anaknya seorang diri. Tak menyerah, ia yang harus mencari nafkah tanpa suaminya tetap semangat dan terus mencoba berbagai usaha untuk dapat menjadi tulang punggung bagi ketiga anaknya.
 
 
Setelah mencoba berbagai jenis usaha, Titin menemukan bisnis yang menjanjikan yaitu berjualan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan layanan pembayaran berbagai tagihan serta isi saldo ShopeePay melalui aplikasi Mitra Shopee.
 
“Satu-satunya keterampilan yang saya miliki adalah menjahit, dan dulu saya manfaatkan dengan bekerja di butik serta usaha jahit di rumah. Namun, saya merasa perlu bangkit mencoba tantangan baru dan memiliki bisnis yang lebih menjanjikan. Di situlah jiwa wirausaha saya semakin terdorong, dan saya memutar otak untuk bisa membuka usaha lainnya dari rumah,” jelas Titin.
 
 

Keterangan foto: Ibu Titin menunjukkan aplikasi Mitra Shopee di depan warungnya. (foto: dok istimewa)

 
Usaha menjahit Titin pun tak lagi dilanjutkan, dan berbagai bisnis mulai ia coba jalani. Ia mulai dari usaha warung kopi di rumahnya yang menawarkan berbagai minuman dan makanan ringan. Setelah secara perlahan berhasil mengumpulkan modal tambahan, warung kopi milik Titin mulai berkembang dan menawarkan kebutuhan masyarakat lainnya seperti bensin motor. Tidak hanya itu, Titin juga menyadari bahwa dalam dua tahun terakhir masyarakat sudah semakin familiar dengan teknologi sehingga segala pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan transaksi pun semakin bergeser ke arah serba digital. Melihat situasi tersebut, Titin mencoba melihat peluang yang berbeda yakni berjualan produk digital.
 
“Awalnya saya hanya ingin membuat tempat ‘nongkrong’ yang nyaman. Namun, di tengah era digital, saya sadar pasti banyak orang yang membutuhkan pulsa, paket data, dan berbagai kebutuhan produk digital lainnya. Di situ saya melihat adanya peluang untuk berbisnis dan bertemu dengan aplikasi Mitra Shopee. Selain warung kopi, sekarang saya juga membuka kios pulsa dan mendapatkan banyak langganan dari masyarakat sekitar. Kehadiran teknologi sangat membantu saya dalam mempermudah usaha saya dan mendapatkan penghasilan tambahan,” tutur Titin.
 
 
Kerja kerasnya selama belasan tahun membesarkan ketiga anaknya seorang diri telah berhasil mengantarkan putra sulungnya hingga lulus kuliah dan bekerja. Kedua putrinya pun kini tengah menempuh perguruan tinggi. Semua ini berhasil dicapai oleh Titin berkat semangat dan kegigihannya dalam menekuni berbagai usaha dan terus mencoba peluang baru di era digital ini.
 
Titin pun berbagi 3 tips untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan teknologi:
 
1. Fokus dalam memperhatikan kebiasaan dan kebutuhan masyarakat
 
Saat warung kopi miliknya mulai ramai dengan pengunjung, Titin kerap mendengar bahwa para pengunjung harus pergi ke tempat lain untuk membeli pulsa, paket data, serta token PLN. Kecermatannya dalam memperhatikan kebutuhan para pelanggannya pun mengarahkan Titin untuk menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat, dan berhasil memberikan penghasilan tambahan baginya. Kini, pelanggan warung kopi Titin bisa secara mudah membeli berbagai produk digital selagi bersantai menikmati kopi. Sebaliknya, pelanggan yang ingin membeli produk digital dari Titin pun bisa berhenti sejenak dan membeli makanan dan minuman dari warung kopinya.
 
2. Pilih aplikasi layanan produk digital yang tepat
 
Kepuasan pelanggan dalam bertransaksi di warungnya menjadi prioritas utama dalam menjalankan usahanya. Untuk terus menjaga kepuasan pelanggan, Titin merasa perlu memilih aplikasi layanan produk digital yang tepat, dan ia menemukan solusi yang tepat dari aplikasi Mitra Shopee. Ia mengaku bahwa teknologi yang dihadirkan aplikasi Mitra Shopee terbilang mudah digunakan oleh siapa saja, dan, kecepatan dalam bertransaksi melalui Mitra Shopee juga menjadi alasan utama ia memilih berbisnis menggunakan Mitra Shopee. Titin pun mengatakan bahwa harga yang ditawarkan oleh Mitra Shopee sangat terjangkau dan dapat bersaing.
 
 
 
3. Aktif melakukan promosi ke pelanggan
 
Di tengah banyaknya kompetisi dalam menjual produk digital, Titin menyadari bahwa ia perlu rajin menjemput rezeki dan aktif menawarkan berbagai produk dan layanan digital kepada para pelanggan warung kopi miliknya. Ketika banyak masyarakat yang masih belum mengetahui layanan atau produk digital apa saja yang ditawarkan oleh Titin melalui Mitra Shopee, ia pun tak pernah ragu untuk menawarkan layanan dan produk yang ditawarkan, seperti token listrik PLN, pembayaran internet rumah, paket data, dan layanan isi saldo ShopeePay. Berkat usahanya dalam melakukan promosi, kini banyak pelanggan Titin yang telah menjadi langganan dan menjadikan warung kopi miliknya sebagai tempat membeli atau membayar berbagai kebutuhan digital. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Sosok

Modal Nekat, Polisi di Blora Ini Buka Sekolah Ngaji, Kini Miliki 60 Santri

Sosok

Modal Nekat, Polisi di Blora Ini Buka Sekolah Ngaji, Kini Miliki 60 Santri

Blora - Sosok Aipda Adi Tri Sukmoro, yang sehari harinya menjabat sebagai Kepala Jaga (Ka Jaga) Satuan Samapta Polres Blora, ...

Infotorial

Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro

Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro

Bojonegoro - Swiwings Indonesia, salah satu bisnis waralaba yang telah memiliki cabang di sejumlah kota di Pulau Jawa, kini membuka ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1656847437.0038 at start, 1656847437.2347 at end, 0.23091292381287 sec elapsed