News Ticker
  • Polres Blora Tangkap Satu Terduga Pengedar Narkotika
  • 6 Bayi di Bojonegoro Lahir Bertepatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022
  • Tampil Sempurna, Paskibraka Blora Tuai Pujian
  • 17 Agustus 2022, 2 Ibu Hamil Lahirkan Bayi di RSUD dr R Sosodoro Bojonegoro
  • 2 Bayi Lahir di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro Tepat Tanggal 17 Agustus 2022
  • Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi 14 Pasal dalam RKUHP
  • Momentum Hari Jadi Jateng Ke-72, Gubernur Gajar Pranowo Ajak Kepala Daerah Jaga Integritas
  • Pembangunan Jalan Blora-Randublatung Tahun Ini Ditargetkan Rampung
  • Diterjang Angin, Tenda Panitia Jambore Pramuka di Balen, Bojonegoro Porak-poranda
  • 288 Jemaah Haji Asal Blora Pulang Lengkap dan Sehat
  • Atap Gedung Sekolah Dasar di Baureno, Bojonegoro Ambrol, Aktivitas Belajar Terganggu
  • Temui Fraksi PKB, Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi RKUHP
  • Macbook Pro M1 Favorit Para Pelanggan
  • Donasi dari Pembaca kumparan untuk Janda Miskin di Jenu, Tuban Telah Disalurkan
  • Relawan 'Nyala Api Abadi' di Bojonegoro Solid Satu Barisan Dukung LaNyalla Nyapres 2024
  • Lupa Matikan Kompor, 3 Kios di Desa Bogowanti, Blora Terbakar
  • Bom yang Ditemukan di Blora Berhasil Diledakkan Unit Penjinak Bom Polda Jateng
  • Identifikasi Benda Diduga Bom yang Ditemukan di Blora Tunggu Tim Jihandak Polda Jateng
  • Sebuah Benda Diduga Bom Ditemukan Warga Blora
  • Penerbangan Wings Air dari Bandara Ngloram ke Pondok Cabe Dibuka Setiap Jumat
  • Penerbangan Pondok Cabe-Ngloram Diharapkan Jadikan Kawasan Blora dan Sekitarnya Makin Berkembang
  • Hari Ini, Wings Air Lakukan Penerbangan Perdana dari Bandara Pondok Cabe ke Ngloram, Blora
  • EMCL Salurkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Bojonegoro
  • Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

Bupati Gandeng Poltekkes Kemenkes Semarang untuk Bantu Entaskan Kemiskinan dan Stunting di Blora

Semarang - Bupati Blora H Arief Rohman, mengajak Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) RI Semarang untuk turut serta membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dalam mengurai berbagai permasalahan yang ada di Blora, di antatanya mulai kemiskinan dan stunting.
 
 
Hal tersebut disampaikan Bupati saat mengisi Orasi Ilmiah dalam acara Wisuda ke-107 Pendidikan Ahli Madya Kesehatan, Sarjana Terapan Kesehatan, Sarjana Terapan Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang Tahun 2022, yang digelar di Convention Hall Masjid Agung Jawa Tengah. Rabu (25/5/2022).
 
“Harapan yang kami sampaikan dengan adanya permasalahan mulai kemiskinan, stunting, dan sebagainya, kita tidak bisa menyelesaikan sendiri oleh karena itu Pemkab Blora mengajak kepada semua stakeholder khususnya perguruan tinggi yang salah satunya Poltekkes Kemenkes Semarang untuk membantu kami,” tutur Bupati Arief Rohman
 
Pemkab juga telah menjalin Kerjasama yang baik dengan Poltekkes Kemenkes RI Semarang. Selain itu, Pemkab juga telah melakukan hibah tanah untuk mendukung pembangunan kampus Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora.
 
“Bahwasanya kita sudah melakukan penandatanganan hibah tanah seluas 3,05 hektar di Oktober 2018 dan Alhamdulillah kampusnya sudah dibangun dan tadi sudah diresmikan oleh Bu Dirjen,” tutur Bupati.
 
 
 
 
Bupati berharap nantinya alumni dari Poltekkes Kemenkes Semarang ini dapat mendukung kebutuhan tenaga kesehatan baik di Blora maupun sekitarnya.
 
Ia juga berkeinginan agar semakin banyak anak Blora yang menempuh pendidikan di Poltekkes tersebut.
 
“Intinya bagiamana Poltekkes ini bisa hadir di Kabupaten Blora untuk nantinya mensupply kebutuhan sumber daya kesehatan yang ada di Blora dan sekitarnya, selain itu juga saya berharap agar kedepannya semakin banyak anak Blora yang nantinya bisa kuliah di Poltekkes Kemenkes," kata Bupati
 
Pada kesempatan tersebut sebanyak 226 wisudawan/wisudawati yang mengikuti prosesi diwisuda dan telah diambil sumpah janjinya sebagai tenaga kesehatan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 48 orang diantaranya berasal dari Kabupaten Blora.
 
Disampaikannya, sudah banyak alumni dari Poltekes Kemenkes Semarang yang telah turut mendukung Pemkab Blora dalam memajukan sektor kesehatan.
 
“Terkait dengan sumber daya kesehatan, jadi berkaitan dengan dukungan Poltekkes Kemenkes Semarang, Alhamdulillah di Blora ini banyak sekali alumninya, kita ada puskesmas, rumah sakit, dan kedepan kita tentunya membutuhkan dukungan dari Poltekkes terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Bupati.
 
 
Sementara itu, Dirjen Tenaga Kesehatan Republik Indonesia drg Arianti Anaya MKM menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Blora, atas dukungan dan kerjasama yang terjalin baik dengan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.
 
“Saya berterimakasih sekali lagi kepada bapak bupati yang sudah bekerjasama menghibahkan lahannya untuk dijadikan gedung pendidikan dan laboratorium pendidikan Poltekkes Kemenkes Semarang, tentunya lahan yang sudah diberikan ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya,” tutur drg Arianti Anaya.
 
Ia berharap agar tenaga kesehatan tersebut nantinya dapat diserap untuk mengisi kebutuhan di puskesmas maupun rumah sakit yang ada.
 
“Selama ini saya sudah mendengar dari bapak Direktur bahwa kerjasama dan koordinsi sudah dilakukan dengan baik, tentu kami berharap Pak Bupati dan Pak Kadis agar penyerapan dari tenaga kesehatan yang dihasilkan oleh Poltekkes ini bisa segera dimanfaatkan juga oleh dinas-dinas kesehatan terutama mengisi gap kekosongan dari puskesmas yang masih membutuhkan tenaga kesehatan,” tuturnya.
 
Pihaknya berharap agar kerjasama ini terus bisa dilanjutkan untuk pemerataan tenaga kesehatan dan memperkuat meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di wilayah Jawa Tengah.
 
 
Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang Dr Marsum BE SPd MHP menegaskan bahwa instansinya berkomitmen untuk meningkatkan capaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
"Poltekkes Kemenkes Semarang senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan capaian Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tuntutan pelayanan publik yang lebih baik, antara lain pengembangan SDM, tata Kelola dan sarana prasarana penunjang layanan pendidikan serta pengembangan digitalisasi data dan infrastruktur," kata Dr Marsum.
 
Pihaknya juga  menjelaskan bahwa pada tahun 2021 telah dilakukan 7 pembangunan gedung diantaranya Pembangunan Gedung Kampus Blora, Kelas Kampus Pekalongan, JKG Tembalang, Lab JTRR Tembalang, Gedung Keperawatan Tembalang, Kelas Kampus 5 Magelang, dan Kelas Kampus Tegal.
 
 
Dalam kegiatan kali ini Bupati juga menerima piagam penghargaan Orasi Ilmiah yang diserahkan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang.
 
Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar SKM MSc MSi, Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang Dr Marsum BE SPd MHP, dan Kepala Dinas Kesehatan Blora Edi Wdayat MH MKes. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Sosok

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Wahyu Agung Nugroho

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Blora - Pembebasan lahan untuk keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah saat ini sudah memasuki ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1660884812.6898 at start, 1660884814.2809 at end, 1.5911180973053 sec elapsed