News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
Bupati Gandeng Poltekkes Kemenkes Semarang untuk Bantu Entaskan Kemiskinan dan Stunting di Blora

Bupati Gandeng Poltekkes Kemenkes Semarang untuk Bantu Entaskan Kemiskinan dan Stunting di Blora

Semarang - Bupati Blora H Arief Rohman, mengajak Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) RI Semarang untuk turut serta membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dalam mengurai berbagai permasalahan yang ada di Blora, di antatanya mulai kemiskinan dan stunting.
 
 
Hal tersebut disampaikan Bupati saat mengisi Orasi Ilmiah dalam acara Wisuda ke-107 Pendidikan Ahli Madya Kesehatan, Sarjana Terapan Kesehatan, Sarjana Terapan Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang Tahun 2022, yang digelar di Convention Hall Masjid Agung Jawa Tengah. Rabu (25/5/2022).
 
“Harapan yang kami sampaikan dengan adanya permasalahan mulai kemiskinan, stunting, dan sebagainya, kita tidak bisa menyelesaikan sendiri oleh karena itu Pemkab Blora mengajak kepada semua stakeholder khususnya perguruan tinggi yang salah satunya Poltekkes Kemenkes Semarang untuk membantu kami,” tutur Bupati Arief Rohman
 
Pemkab juga telah menjalin Kerjasama yang baik dengan Poltekkes Kemenkes RI Semarang. Selain itu, Pemkab juga telah melakukan hibah tanah untuk mendukung pembangunan kampus Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora.
 
“Bahwasanya kita sudah melakukan penandatanganan hibah tanah seluas 3,05 hektar di Oktober 2018 dan Alhamdulillah kampusnya sudah dibangun dan tadi sudah diresmikan oleh Bu Dirjen,” tutur Bupati.
 
 
 
 
Bupati berharap nantinya alumni dari Poltekkes Kemenkes Semarang ini dapat mendukung kebutuhan tenaga kesehatan baik di Blora maupun sekitarnya.
 
Ia juga berkeinginan agar semakin banyak anak Blora yang menempuh pendidikan di Poltekkes tersebut.
 
“Intinya bagiamana Poltekkes ini bisa hadir di Kabupaten Blora untuk nantinya mensupply kebutuhan sumber daya kesehatan yang ada di Blora dan sekitarnya, selain itu juga saya berharap agar kedepannya semakin banyak anak Blora yang nantinya bisa kuliah di Poltekkes Kemenkes," kata Bupati
 
Pada kesempatan tersebut sebanyak 226 wisudawan/wisudawati yang mengikuti prosesi diwisuda dan telah diambil sumpah janjinya sebagai tenaga kesehatan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 48 orang diantaranya berasal dari Kabupaten Blora.
 
Disampaikannya, sudah banyak alumni dari Poltekes Kemenkes Semarang yang telah turut mendukung Pemkab Blora dalam memajukan sektor kesehatan.
 
“Terkait dengan sumber daya kesehatan, jadi berkaitan dengan dukungan Poltekkes Kemenkes Semarang, Alhamdulillah di Blora ini banyak sekali alumninya, kita ada puskesmas, rumah sakit, dan kedepan kita tentunya membutuhkan dukungan dari Poltekkes terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Bupati.
 
 
Sementara itu, Dirjen Tenaga Kesehatan Republik Indonesia drg Arianti Anaya MKM menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Blora, atas dukungan dan kerjasama yang terjalin baik dengan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.
 
“Saya berterimakasih sekali lagi kepada bapak bupati yang sudah bekerjasama menghibahkan lahannya untuk dijadikan gedung pendidikan dan laboratorium pendidikan Poltekkes Kemenkes Semarang, tentunya lahan yang sudah diberikan ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya,” tutur drg Arianti Anaya.
 
Ia berharap agar tenaga kesehatan tersebut nantinya dapat diserap untuk mengisi kebutuhan di puskesmas maupun rumah sakit yang ada.
 
“Selama ini saya sudah mendengar dari bapak Direktur bahwa kerjasama dan koordinsi sudah dilakukan dengan baik, tentu kami berharap Pak Bupati dan Pak Kadis agar penyerapan dari tenaga kesehatan yang dihasilkan oleh Poltekkes ini bisa segera dimanfaatkan juga oleh dinas-dinas kesehatan terutama mengisi gap kekosongan dari puskesmas yang masih membutuhkan tenaga kesehatan,” tuturnya.
 
Pihaknya berharap agar kerjasama ini terus bisa dilanjutkan untuk pemerataan tenaga kesehatan dan memperkuat meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di wilayah Jawa Tengah.
 
 
Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang Dr Marsum BE SPd MHP menegaskan bahwa instansinya berkomitmen untuk meningkatkan capaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
"Poltekkes Kemenkes Semarang senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan capaian Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tuntutan pelayanan publik yang lebih baik, antara lain pengembangan SDM, tata Kelola dan sarana prasarana penunjang layanan pendidikan serta pengembangan digitalisasi data dan infrastruktur," kata Dr Marsum.
 
Pihaknya juga  menjelaskan bahwa pada tahun 2021 telah dilakukan 7 pembangunan gedung diantaranya Pembangunan Gedung Kampus Blora, Kelas Kampus Pekalongan, JKG Tembalang, Lab JTRR Tembalang, Gedung Keperawatan Tembalang, Kelas Kampus 5 Magelang, dan Kelas Kampus Tegal.
 
 
Dalam kegiatan kali ini Bupati juga menerima piagam penghargaan Orasi Ilmiah yang diserahkan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang.
 
Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar SKM MSc MSi, Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang Dr Marsum BE SPd MHP, dan Kepala Dinas Kesehatan Blora Edi Wdayat MH MKes. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1713558205.8839 at start, 1713558207.4322 at end, 1.548327922821 sec elapsed