News Ticker
  • Polres Blora Tangkap Satu Terduga Pengedar Narkotika
  • 6 Bayi di Bojonegoro Lahir Bertepatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022
  • Tampil Sempurna, Paskibraka Blora Tuai Pujian
  • 17 Agustus 2022, 2 Ibu Hamil Lahirkan Bayi di RSUD dr R Sosodoro Bojonegoro
  • 2 Bayi Lahir di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro Tepat Tanggal 17 Agustus 2022
  • Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi 14 Pasal dalam RKUHP
  • Momentum Hari Jadi Jateng Ke-72, Gubernur Gajar Pranowo Ajak Kepala Daerah Jaga Integritas
  • Pembangunan Jalan Blora-Randublatung Tahun Ini Ditargetkan Rampung
  • Diterjang Angin, Tenda Panitia Jambore Pramuka di Balen, Bojonegoro Porak-poranda
  • 288 Jemaah Haji Asal Blora Pulang Lengkap dan Sehat
  • Atap Gedung Sekolah Dasar di Baureno, Bojonegoro Ambrol, Aktivitas Belajar Terganggu
  • Temui Fraksi PKB, Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi RKUHP
  • Macbook Pro M1 Favorit Para Pelanggan
  • Donasi dari Pembaca kumparan untuk Janda Miskin di Jenu, Tuban Telah Disalurkan
  • Relawan 'Nyala Api Abadi' di Bojonegoro Solid Satu Barisan Dukung LaNyalla Nyapres 2024
  • Lupa Matikan Kompor, 3 Kios di Desa Bogowanti, Blora Terbakar
  • Bom yang Ditemukan di Blora Berhasil Diledakkan Unit Penjinak Bom Polda Jateng
  • Identifikasi Benda Diduga Bom yang Ditemukan di Blora Tunggu Tim Jihandak Polda Jateng
  • Sebuah Benda Diduga Bom Ditemukan Warga Blora
  • Penerbangan Wings Air dari Bandara Ngloram ke Pondok Cabe Dibuka Setiap Jumat
  • Penerbangan Pondok Cabe-Ngloram Diharapkan Jadikan Kawasan Blora dan Sekitarnya Makin Berkembang
  • Hari Ini, Wings Air Lakukan Penerbangan Perdana dari Bandara Pondok Cabe ke Ngloram, Blora
  • EMCL Salurkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Bojonegoro
  • Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

Warga Sambut Gembira Peresmian Jalan Bulurejo-Alasmalang oleh Danrem dan Bupati Blora

Blora - Pembangunan jalan hutan akses tembus dari Dukuh Bulurejo menuju Dukuh Alasmalang sepanjang 8 kilometer di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-113 akhirnya selesai dan diresmikan, Kamis (09/06/2022).
 
Masyarakat setempat pun tidak mau ketinggalan dengan momentum ini. Baik warga Dukuh Bulurejo, maupun warga Dukuh Alasmalang tampak antusias dan senang. Tak segan mereka mengajak Bupati dan jajaran untuk foto bersama.
 
 
Peresmian dilakukan langsung oleh Danrem 073 Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, bersama Bupati Blora H Arief Rohman, Dandim 0721 Blora Letkol Inf Andy Soelistyo, dan Ketua DPRD Blora HM Dasum, dengan pemotongan pita dan foto bersama di Tugu TMMD Reguler 113.
 
Pasalnya jalan di kawasan hutan jati yang selama ini kondisinya parah dan tidak bisa dilalui kendaraan, akhirnya setelah di bangun lewat TMMD bersama TNI, Polri, dan Pemda, kini bisa dilalui dengan lancar.
 
 
 
 
Rombongan juga langsung mencoba jalan hasil TMMD ini menuju Dukuh Alasmalang dan menyapa masyarakat setempat yang sudah menunggu dengan menampilkan kesenian Barongan Blora.
 
"Maturnuwun Pak Bupati, maturnuwun Pak TNI, Pak Danrem, Pak Dandim, Pak Polisi dan semuanya saja. Sekarang akses jalan ke kampung kami di Alasmalang kondisinya lebih baik. Disini ada 127 KK, jumlah warganya 352 jiwa. Merasa sangat terbantu sekali dengan adanya TMMD ini," ucap Lasmani, Ketua RT 19, RW 05 Alasmalang.
 
Lasmani menceritakan dilu kalau hujan, jalannya tidak bisa dilewati karena berlumpur. Bahkan kalau ada yang sakit mau ke Puskesmas di Doplang kita tandu bersama karena mobil ambulance tidak bisa ke Alasmalang. Begitu juga anak sekolah SMP sering terlambat sampai Doplang karena jalannya rusak dan melewati hutan.
 
"Alhamdulillah sekarang mobil sudah bisa masuk setelah dibangun lewat TMMD," tambah Lasmani.
 
Sementara itu, Suwarni, Kepala SDN 2 Temuireng yang lokasi sekolah nya ada di tengah Dukuh Alasmalang juga mengaku senang.
 
"Alhamdulillah kini jalannya lebih baik. Saya setiap hari berangkat ngajar naik motor dari rumah di Desa Randulawang menuju Alasmalang ini sejauh 12 kilometer PP. Kondisi jalannya parah sekali, kini lebih nyaman. Maturnuwun Pak Bupati, Pak TNI, Pak Polisi sudah membangun jalan kami dan hadir langsung ke Alasmalang," ungkapnya, usai mengawal para anak didiknya pagar betis menyambut rombongan Bupati.
 
 
Bupati pun merasa senang dan berharap sinergitas TNI Polri dalam menyukseskan pembangunan daerah terisolir di Kabupaten Blora terus ditingkatkan.
 
"Akhirnya kita sampai Alasmalang. Jalannya memang luar biasa, namun kini lebih nyaman setelah dibangun lewat TMMD. Maturnuwun atas sinergitas dan gotong royong nya selama satu bulan terakhir. Kedepan kita ingin program TMMD ini terus berlanjut menyentuh desa atau dukuh lainnya yang ada di tengah-tengah hutan," ucap Bupati Arief.
 
Di Alasmalang, Bupati dan rombongan juga berdialog dengan para pelajar SD, pengurus Posyandu, dan sempat meninjau masjid setempat.
 
Adapun Dandim 0721/Blora , Letkol Inf. Andy Soelistyo KP, melaporkan bahwa kegiatan TMMD Reguler 113 di Desa Pengkoljagong mulai 11 Mei 2022 lalu hingga 9 Juni 2022 ini telah berhasil melaksanakan sejumlah kegiatan pembangunan fisik dan non fisik.
 
"Kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan hutan penghubung Alas Malang - Bulurejo, Desa Pengkoljagong. Berupa jalan grosok sepanjang 1.100 meter, lebar 2,5 meter, kemudian jalan makadam 3.300 meter selebar 2,5 meter, jalan grosok/leveling sepanjang 3.400 meter, lebar 2,5 meter, dan talud badan jalan sepanjang 20 meter tinggi 3 meter untuk mencegah longsor. Semuanya sudah selesai,” tutur Dandim.
 
Sedangkan untuk sasaran kegiatan pembangunan non fisik mencakup penyuluhan hukum perdata, penyuluhan wasbang dan PPBN, penyuluhan dikmas/laka, penyuluhan pendampingan industri rumah tangga, penyuluhan peningkatan hasil pertanian, penyuluhan administrasi kependudukan, penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan KB, penyuluhan perkawinan dan perceraian, penyuluhan pernikahan dini dan stunting hingga keterampilan.
 
"Kita siap untuk terus bersinergi dengan Pemda dalam rangka menyukseskan pembangunan daerah. Melalui TMMD kita wujudkan dedikasi terbaik dalam membangun NKRI," kata Dandim.
 
 
Danrem 073 Makutarama, Kolonel Inf. Purnomosidi mengapresiasi keberhasilan pelaksanaan TMMD Reguler di Kabupaten Blora. Yang dilaksanakan di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati ini.
 
"Ini luar biasa. Desa di tengah hutan yang aksesnya terpencil bisa dibuka bersama lewat TMMD. Kehadiran TNI untuk sinergi dengan Polri dan Pemda untuk membangun daerah sangat ditunggu tunggu masyarakat lewat TMMD seperti ini. Semoga jalan ini bermanfaat untuk memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat," ucapnya singkat.
 
Sebelum dilakukan peresmian jalan, rombongan terlebih dahulu melaksanakan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hasil TMMD Reguler 113 antara Bupati dan Dandim di Balai Desa Pengkoljagong. Disaksikan Danrem dan Ketua DPRD. Serta penyerahan Piagam Penghargaan kepada perwakilan tokoh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan TMMD. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Sosok

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Wahyu Agung Nugroho

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Blora - Pembebasan lahan untuk keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah saat ini sudah memasuki ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1660882264.453 at start, 1660882266.0197 at end, 1.566675901413 sec elapsed