News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
Warga Sambut Gembira Peresmian Jalan Bulurejo-Alasmalang oleh Danrem dan Bupati Blora

Warga Sambut Gembira Peresmian Jalan Bulurejo-Alasmalang oleh Danrem dan Bupati Blora

Blora - Pembangunan jalan hutan akses tembus dari Dukuh Bulurejo menuju Dukuh Alasmalang sepanjang 8 kilometer di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-113 akhirnya selesai dan diresmikan, Kamis (09/06/2022).
 
Masyarakat setempat pun tidak mau ketinggalan dengan momentum ini. Baik warga Dukuh Bulurejo, maupun warga Dukuh Alasmalang tampak antusias dan senang. Tak segan mereka mengajak Bupati dan jajaran untuk foto bersama.
 
 
Peresmian dilakukan langsung oleh Danrem 073 Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, bersama Bupati Blora H Arief Rohman, Dandim 0721 Blora Letkol Inf Andy Soelistyo, dan Ketua DPRD Blora HM Dasum, dengan pemotongan pita dan foto bersama di Tugu TMMD Reguler 113.
 
Pasalnya jalan di kawasan hutan jati yang selama ini kondisinya parah dan tidak bisa dilalui kendaraan, akhirnya setelah di bangun lewat TMMD bersama TNI, Polri, dan Pemda, kini bisa dilalui dengan lancar.
 
 
 
 
Rombongan juga langsung mencoba jalan hasil TMMD ini menuju Dukuh Alasmalang dan menyapa masyarakat setempat yang sudah menunggu dengan menampilkan kesenian Barongan Blora.
 
"Maturnuwun Pak Bupati, maturnuwun Pak TNI, Pak Danrem, Pak Dandim, Pak Polisi dan semuanya saja. Sekarang akses jalan ke kampung kami di Alasmalang kondisinya lebih baik. Disini ada 127 KK, jumlah warganya 352 jiwa. Merasa sangat terbantu sekali dengan adanya TMMD ini," ucap Lasmani, Ketua RT 19, RW 05 Alasmalang.
 
Lasmani menceritakan dilu kalau hujan, jalannya tidak bisa dilewati karena berlumpur. Bahkan kalau ada yang sakit mau ke Puskesmas di Doplang kita tandu bersama karena mobil ambulance tidak bisa ke Alasmalang. Begitu juga anak sekolah SMP sering terlambat sampai Doplang karena jalannya rusak dan melewati hutan.
 
"Alhamdulillah sekarang mobil sudah bisa masuk setelah dibangun lewat TMMD," tambah Lasmani.
 
Sementara itu, Suwarni, Kepala SDN 2 Temuireng yang lokasi sekolah nya ada di tengah Dukuh Alasmalang juga mengaku senang.
 
"Alhamdulillah kini jalannya lebih baik. Saya setiap hari berangkat ngajar naik motor dari rumah di Desa Randulawang menuju Alasmalang ini sejauh 12 kilometer PP. Kondisi jalannya parah sekali, kini lebih nyaman. Maturnuwun Pak Bupati, Pak TNI, Pak Polisi sudah membangun jalan kami dan hadir langsung ke Alasmalang," ungkapnya, usai mengawal para anak didiknya pagar betis menyambut rombongan Bupati.
 
 
Bupati pun merasa senang dan berharap sinergitas TNI Polri dalam menyukseskan pembangunan daerah terisolir di Kabupaten Blora terus ditingkatkan.
 
"Akhirnya kita sampai Alasmalang. Jalannya memang luar biasa, namun kini lebih nyaman setelah dibangun lewat TMMD. Maturnuwun atas sinergitas dan gotong royong nya selama satu bulan terakhir. Kedepan kita ingin program TMMD ini terus berlanjut menyentuh desa atau dukuh lainnya yang ada di tengah-tengah hutan," ucap Bupati Arief.
 
Di Alasmalang, Bupati dan rombongan juga berdialog dengan para pelajar SD, pengurus Posyandu, dan sempat meninjau masjid setempat.
 
Adapun Dandim 0721/Blora , Letkol Inf. Andy Soelistyo KP, melaporkan bahwa kegiatan TMMD Reguler 113 di Desa Pengkoljagong mulai 11 Mei 2022 lalu hingga 9 Juni 2022 ini telah berhasil melaksanakan sejumlah kegiatan pembangunan fisik dan non fisik.
 
"Kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan hutan penghubung Alas Malang - Bulurejo, Desa Pengkoljagong. Berupa jalan grosok sepanjang 1.100 meter, lebar 2,5 meter, kemudian jalan makadam 3.300 meter selebar 2,5 meter, jalan grosok/leveling sepanjang 3.400 meter, lebar 2,5 meter, dan talud badan jalan sepanjang 20 meter tinggi 3 meter untuk mencegah longsor. Semuanya sudah selesai,” tutur Dandim.
 
Sedangkan untuk sasaran kegiatan pembangunan non fisik mencakup penyuluhan hukum perdata, penyuluhan wasbang dan PPBN, penyuluhan dikmas/laka, penyuluhan pendampingan industri rumah tangga, penyuluhan peningkatan hasil pertanian, penyuluhan administrasi kependudukan, penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan KB, penyuluhan perkawinan dan perceraian, penyuluhan pernikahan dini dan stunting hingga keterampilan.
 
"Kita siap untuk terus bersinergi dengan Pemda dalam rangka menyukseskan pembangunan daerah. Melalui TMMD kita wujudkan dedikasi terbaik dalam membangun NKRI," kata Dandim.
 
 
Danrem 073 Makutarama, Kolonel Inf. Purnomosidi mengapresiasi keberhasilan pelaksanaan TMMD Reguler di Kabupaten Blora. Yang dilaksanakan di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati ini.
 
"Ini luar biasa. Desa di tengah hutan yang aksesnya terpencil bisa dibuka bersama lewat TMMD. Kehadiran TNI untuk sinergi dengan Polri dan Pemda untuk membangun daerah sangat ditunggu tunggu masyarakat lewat TMMD seperti ini. Semoga jalan ini bermanfaat untuk memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat," ucapnya singkat.
 
Sebelum dilakukan peresmian jalan, rombongan terlebih dahulu melaksanakan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hasil TMMD Reguler 113 antara Bupati dan Dandim di Balai Desa Pengkoljagong. Disaksikan Danrem dan Ketua DPRD. Serta penyerahan Piagam Penghargaan kepada perwakilan tokoh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan TMMD. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1713494956.9545 at start, 1713494957.1832 at end, 0.22870588302612 sec elapsed