News Ticker
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
Bupati Sampaikan Komitmennya untuk Wujudkan Blora Jadi Kabupaten Layak Anak

Bupati Sampaikan Komitmennya untuk Wujudkan Blora Jadi Kabupaten Layak Anak

Blora - Bupati Blora H Arief Rohman, menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dengan berbagai stakeholder, berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA).
 
 
Hal tersebut ditegaskan Bupati saat mengawali kegiatan verifikasi lapangan hybrid kabupaten/kota layak anak tahun 2022 yang diselenggarakan secara hybrid oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Selasa (21/06/2022).
 
“Kami sangat berharap Blora bisa menjadi salah satu kabupaten yang memang sebagai kabupaten layak anak, kita semua seluruh stakeholder berkomitmen dari saya, Ibu Wakil Bupati, Forkopimda, dari PKK, dinas-dinas terkait sampai kecamatan, hingga desa, bahwa Blora ini harus bisa menjadi KLA, kita komitmen untuk mewujudkan Blora sebagai Kabupaten Layak Anak,” ucap Bupati Arief secara virtual dari Semarang.
 
 
 
 
Dijelaskannya, bahwa terkait anak dan perempuan ini sudah ada regulasi yang mengatur, diantaranya Perda  yang mengatur tentang penyelenggaraan perlindungan perempuan, anak dan korban kekerasan  dalam Perda No 3 tahun 2017. Dari perda tersebut juga akan diturunkan dalam bentuk Perbup dan peraturan yang lainnya.
 
“Selain itu komitmen kami terkait dengan alokasi penganggaran terhadap pemenuhan hak anak di tahun 2022 sudah kita tingkatkan, hampir naik 10 kali lipatnya, dan juga dari yang lainnya, selain dari APBD, terkait keberpihakan anak dan perempuan kita juga berasal dari CSR dan dari stakeholder lainnya,” tambahnya
 
Termasuk, komitmen dalam fasilitas-fasilitas yang ada, seperti halnya area bermain yang ramah terhadap anak dan disabilitas terus diperbaiki  dan dibenahi termasuk juga tempat umum.
 
 
Bupati menuturkan bahwa pihaknya juga menginstruksikan kepada semua OPD terkait termasuk dinas pendidikan dan dinas yang berkaitan dengan anak untuk selalu memberikan pendampingan pada anak-anak di Kabupaten Blora.
 
“Kita juga ada beasiswa untuk anak-anak yang sekolah dan yang mau kuliah, terutama yang berprestasi dan dari sisi ekonomi tidak mampu ini juga kita berikan beasiswa. Kita dorong salah satunya adalah pemenuhan hak hak anak yang terkait dengan kesempatan anak melanjutkan sekolah,” kata Bupati.
 
 
Bupati menambahkan pihaknya juga melakukan pendataan dan pendampingan bagi anak-anak yang putus sekolah di Kabupaten Blora.
 
"Kita minta untuk buat tim pendataan untuk anak anak yang putus sekolah, ini kita dampingi mulai dari tingkat kecamatan sampai desa untuk memberikan pendataan pendampingan,” kata Bupati.
 
Masih menurut Bupati bahwa Pemkab Blora memandang bahwa keberadaan forum anak, genre dan sebagainya sangatlah penting. Maka kemudian, mereka juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan dan forum.
 
“Forum Anak Blora kita minta aktif bagaimana dengan kawan kawan ha memberikan dukungan support, forum anak ini penting, kami meminta dari dinas, jajaran OPD termasuk PKK dari semua tingkatan untuk bekerja sama mendampingi adik-adik kita,” kata Bupati Arief Rohman.
 
 
 
 
Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan, Kementerian PPPA Ciput Eka Purwianti, menyampaikan rasa terima kasihnya atas komitmen Pemkab Blora dalam mendukung kabupaten/kota layak anak.
 
“Kami ucapkan terima kasih untuk komitmen dan implementasi yang luar biasa dari Pemkab Blora dalam mendukung perwujudan Indonesia layak anak, dimulai dari Kabupaten Blora dan semoga semangat yang luar biasa ini terus terjaga, KLA itu adalah sistem pembangunan yang terintegrasi, terencana, dan berkelanjutan,” kata Ciput Eka Purwianti.
 
 
Dalam kegiatan ini, Ketua Gugus Tugas KLA Kab Blora Mahbub Djunaidi menyampaikan paparannya dihadapan tim verifikator secara virtual dari Pendopo Bupati Blora. Kemudian tim melakukan verifikasi, serta tanya jawab.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas PPPA Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi, jajaran Forkopimda Blora, Kepala OPD dan jajarannya, Ketua TP PKK Blora, Forum Anak Blora, Genre, dan berbagai pihak terkait lainnya. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
 
Iklan EMCL
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1713871692.7241 at start, 1713871692.9714 at end, 0.24724102020264 sec elapsed