News Ticker
  • Polres Blora Tangkap Satu Terduga Pengedar Narkotika
  • 6 Bayi di Bojonegoro Lahir Bertepatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022
  • Tampil Sempurna, Paskibraka Blora Tuai Pujian
  • 17 Agustus 2022, 2 Ibu Hamil Lahirkan Bayi di RSUD dr R Sosodoro Bojonegoro
  • 2 Bayi Lahir di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro Tepat Tanggal 17 Agustus 2022
  • Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi 14 Pasal dalam RKUHP
  • Momentum Hari Jadi Jateng Ke-72, Gubernur Gajar Pranowo Ajak Kepala Daerah Jaga Integritas
  • Pembangunan Jalan Blora-Randublatung Tahun Ini Ditargetkan Rampung
  • Diterjang Angin, Tenda Panitia Jambore Pramuka di Balen, Bojonegoro Porak-poranda
  • 288 Jemaah Haji Asal Blora Pulang Lengkap dan Sehat
  • Atap Gedung Sekolah Dasar di Baureno, Bojonegoro Ambrol, Aktivitas Belajar Terganggu
  • Temui Fraksi PKB, Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi RKUHP
  • Macbook Pro M1 Favorit Para Pelanggan
  • Donasi dari Pembaca kumparan untuk Janda Miskin di Jenu, Tuban Telah Disalurkan
  • Relawan 'Nyala Api Abadi' di Bojonegoro Solid Satu Barisan Dukung LaNyalla Nyapres 2024
  • Lupa Matikan Kompor, 3 Kios di Desa Bogowanti, Blora Terbakar
  • Bom yang Ditemukan di Blora Berhasil Diledakkan Unit Penjinak Bom Polda Jateng
  • Identifikasi Benda Diduga Bom yang Ditemukan di Blora Tunggu Tim Jihandak Polda Jateng
  • Sebuah Benda Diduga Bom Ditemukan Warga Blora
  • Penerbangan Wings Air dari Bandara Ngloram ke Pondok Cabe Dibuka Setiap Jumat
  • Penerbangan Pondok Cabe-Ngloram Diharapkan Jadikan Kawasan Blora dan Sekitarnya Makin Berkembang
  • Hari Ini, Wings Air Lakukan Penerbangan Perdana dari Bandara Pondok Cabe ke Ngloram, Blora
  • EMCL Salurkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Bojonegoro
  • Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

Bupati Sampaikan Komitmennya untuk Wujudkan Blora Jadi Kabupaten Layak Anak

Blora - Bupati Blora H Arief Rohman, menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dengan berbagai stakeholder, berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA).
 
 
Hal tersebut ditegaskan Bupati saat mengawali kegiatan verifikasi lapangan hybrid kabupaten/kota layak anak tahun 2022 yang diselenggarakan secara hybrid oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Selasa (21/06/2022).
 
“Kami sangat berharap Blora bisa menjadi salah satu kabupaten yang memang sebagai kabupaten layak anak, kita semua seluruh stakeholder berkomitmen dari saya, Ibu Wakil Bupati, Forkopimda, dari PKK, dinas-dinas terkait sampai kecamatan, hingga desa, bahwa Blora ini harus bisa menjadi KLA, kita komitmen untuk mewujudkan Blora sebagai Kabupaten Layak Anak,” ucap Bupati Arief secara virtual dari Semarang.
 
 
 
 
Dijelaskannya, bahwa terkait anak dan perempuan ini sudah ada regulasi yang mengatur, diantaranya Perda  yang mengatur tentang penyelenggaraan perlindungan perempuan, anak dan korban kekerasan  dalam Perda No 3 tahun 2017. Dari perda tersebut juga akan diturunkan dalam bentuk Perbup dan peraturan yang lainnya.
 
“Selain itu komitmen kami terkait dengan alokasi penganggaran terhadap pemenuhan hak anak di tahun 2022 sudah kita tingkatkan, hampir naik 10 kali lipatnya, dan juga dari yang lainnya, selain dari APBD, terkait keberpihakan anak dan perempuan kita juga berasal dari CSR dan dari stakeholder lainnya,” tambahnya
 
Termasuk, komitmen dalam fasilitas-fasilitas yang ada, seperti halnya area bermain yang ramah terhadap anak dan disabilitas terus diperbaiki  dan dibenahi termasuk juga tempat umum.
 
 
Bupati menuturkan bahwa pihaknya juga menginstruksikan kepada semua OPD terkait termasuk dinas pendidikan dan dinas yang berkaitan dengan anak untuk selalu memberikan pendampingan pada anak-anak di Kabupaten Blora.
 
“Kita juga ada beasiswa untuk anak-anak yang sekolah dan yang mau kuliah, terutama yang berprestasi dan dari sisi ekonomi tidak mampu ini juga kita berikan beasiswa. Kita dorong salah satunya adalah pemenuhan hak hak anak yang terkait dengan kesempatan anak melanjutkan sekolah,” kata Bupati.
 
 
Bupati menambahkan pihaknya juga melakukan pendataan dan pendampingan bagi anak-anak yang putus sekolah di Kabupaten Blora.
 
"Kita minta untuk buat tim pendataan untuk anak anak yang putus sekolah, ini kita dampingi mulai dari tingkat kecamatan sampai desa untuk memberikan pendataan pendampingan,” kata Bupati.
 
Masih menurut Bupati bahwa Pemkab Blora memandang bahwa keberadaan forum anak, genre dan sebagainya sangatlah penting. Maka kemudian, mereka juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan dan forum.
 
“Forum Anak Blora kita minta aktif bagaimana dengan kawan kawan ha memberikan dukungan support, forum anak ini penting, kami meminta dari dinas, jajaran OPD termasuk PKK dari semua tingkatan untuk bekerja sama mendampingi adik-adik kita,” kata Bupati Arief Rohman.
 
 
 
 
Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan, Kementerian PPPA Ciput Eka Purwianti, menyampaikan rasa terima kasihnya atas komitmen Pemkab Blora dalam mendukung kabupaten/kota layak anak.
 
“Kami ucapkan terima kasih untuk komitmen dan implementasi yang luar biasa dari Pemkab Blora dalam mendukung perwujudan Indonesia layak anak, dimulai dari Kabupaten Blora dan semoga semangat yang luar biasa ini terus terjaga, KLA itu adalah sistem pembangunan yang terintegrasi, terencana, dan berkelanjutan,” kata Ciput Eka Purwianti.
 
 
Dalam kegiatan ini, Ketua Gugus Tugas KLA Kab Blora Mahbub Djunaidi menyampaikan paparannya dihadapan tim verifikator secara virtual dari Pendopo Bupati Blora. Kemudian tim melakukan verifikasi, serta tanya jawab.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas PPPA Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi, jajaran Forkopimda Blora, Kepala OPD dan jajarannya, Ketua TP PKK Blora, Forum Anak Blora, Genre, dan berbagai pihak terkait lainnya. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Sosok

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Wahyu Agung Nugroho

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Blora - Pembebasan lahan untuk keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah saat ini sudah memasuki ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1660887813.2503 at start, 1660887813.554 at end, 0.30361080169678 sec elapsed