News Ticker
  • Polres Blora Tangkap Satu Terduga Pengedar Narkotika
  • 6 Bayi di Bojonegoro Lahir Bertepatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022
  • Tampil Sempurna, Paskibraka Blora Tuai Pujian
  • 17 Agustus 2022, 2 Ibu Hamil Lahirkan Bayi di RSUD dr R Sosodoro Bojonegoro
  • 2 Bayi Lahir di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro Tepat Tanggal 17 Agustus 2022
  • Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi 14 Pasal dalam RKUHP
  • Momentum Hari Jadi Jateng Ke-72, Gubernur Gajar Pranowo Ajak Kepala Daerah Jaga Integritas
  • Pembangunan Jalan Blora-Randublatung Tahun Ini Ditargetkan Rampung
  • Diterjang Angin, Tenda Panitia Jambore Pramuka di Balen, Bojonegoro Porak-poranda
  • 288 Jemaah Haji Asal Blora Pulang Lengkap dan Sehat
  • Atap Gedung Sekolah Dasar di Baureno, Bojonegoro Ambrol, Aktivitas Belajar Terganggu
  • Temui Fraksi PKB, Dewan Pers Terus Upayakan Reformulasi RKUHP
  • Macbook Pro M1 Favorit Para Pelanggan
  • Donasi dari Pembaca kumparan untuk Janda Miskin di Jenu, Tuban Telah Disalurkan
  • Relawan 'Nyala Api Abadi' di Bojonegoro Solid Satu Barisan Dukung LaNyalla Nyapres 2024
  • Lupa Matikan Kompor, 3 Kios di Desa Bogowanti, Blora Terbakar
  • Bom yang Ditemukan di Blora Berhasil Diledakkan Unit Penjinak Bom Polda Jateng
  • Identifikasi Benda Diduga Bom yang Ditemukan di Blora Tunggu Tim Jihandak Polda Jateng
  • Sebuah Benda Diduga Bom Ditemukan Warga Blora
  • Penerbangan Wings Air dari Bandara Ngloram ke Pondok Cabe Dibuka Setiap Jumat
  • Penerbangan Pondok Cabe-Ngloram Diharapkan Jadikan Kawasan Blora dan Sekitarnya Makin Berkembang
  • Hari Ini, Wings Air Lakukan Penerbangan Perdana dari Bandara Pondok Cabe ke Ngloram, Blora
  • EMCL Salurkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Bojonegoro
  • Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

EMCL Raih Penghargaan CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2022

Jakarta - Keberhasilan pelaksanaan Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) mendorong Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDDT) memberikan penghargaan kategori “Gold” dalam Corporate Social Responsibility (CSR) & Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022.
 
Penghargaan tersebut diberikan untuk Program Revitalisasi Pasar Gayam dan Program Peningkatan Akses Air Bersih Berbasis Partisipasi Masyarakat.
 
 
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar, di JS Luswana Hotel Convention Center, Jakarta. Kamis (23/06/2022).
 
Terdapat  64 perusahaan yang mengikuti penilaian ini. Para juri terdiri dari praktisi, akademisi, dan perwakilan kementerian. Mereka melakukan observasi lapangan sejak Maret 2022. Mereka melihat program dari aspek perencanaan program, pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi program, serta dampak dan keberlanjutan program.
 
 

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin saat beri sambutan dalam acara CSR & PDB Awards 2022, di JS Luswana Hotel Convention Center, Jakarta. Kamis (23/06/2022). (foto: dok istimewa)

 
Hasilnya, Program Revitalisasi Pasar Gayam, kabupaten Bojonegoro dan Program Peningkatan Akses Air Bersih Berbasis Partisipasi Masyarakat di Desa Ngimbang dan Desa Sawahan, Kabupaten Tuban telah memberikan dampak berkelanjutan bagi peningkatan ekonomi Masyarakat.
 
Program Revitalisasi Pasar Gayam dimulai sejak 2018. Dimulai dari  rehabilitasi bangunan pasar desa difokuskan pada pembangunan 75 kios, 130 lapak pedagang, toilet, tempat pembuangan sampah, drainase hingga kantor pengelola pasar. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pengelola pasar, pengadaan fasilitas pendukung serta legalitas pengelolaannya. Saat ini, pasar Desa Gayam menjadi salah satu unit dari BUMDesa Gayam Mandiri.
 
“Pendapatan pedagang sebelum revitalisasi hanya pada saat hari pasaran. Rata-rata sekitar Rp1,2 - Rp1,5 juta. Setelah revitalisasi, meningkat menjadi 2,5 sampai 3 juta rupia,” ucap Aris, Ketua Unit Pasar Desa Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
 
Pasar tersebut juga berhasil menambah pemasukan desa hingga Rp 105,1 juta per tahun. Jumlah tersebut bersumber dari sewa kios dan retribusi. Selama beroperasi, perputaran uang menembus Rp 41 juta dalam setiap kegiatan pasarannya.
 
 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Halim Iskandar, saat beri sambutan dalam acara CSR & PDB Awards 2022, di Jakarta. Kamis (23/06/2022). (foto: dok istimewa)

 
Sedangkan Program peningkatan akses air bersih berbasis partisipasi masyarakat di Desa Ngimbang dan Sawahan dimulai sejak 2012.  Masyarakat mengalami kendalam akses air bersih.
 
“Sebelum ada program, masyarakat menggunakan air sungai untuk aktifitas sehari-hari. Jaraknya juga sangat jauh,” tutur Yayik Ahmad, Kepala Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.
 
Program ini ini berfokus pada pencarian dan pengeboran sumber air serta pembangunan fasilitas pendukung seperti tandon air, jaringan perpipaan dan sambungan rumah, konservasi sumber air serta pengelolaan fasilitas air bersih melalui pembentukan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM).
 
Hingga saat ini, sekitar 1.350 keluarga mendapatkan manfaatnya. Fasilitas air bersih juga telah dikelola secara mandiri oleh masyarakat melalui HIPPAM. Bahkan memberikan kontribusi pada pendapatan asli desa (PADes) sebesar Rp 25 juta hingga Rp 35 juta setiap tahunnya.
 
“Kami juga dapat menyisihkan pendapatan dari pengelolaan air bersih ini untuk santunan yatim piatu yang ada di desa kami,” imbuh Kades Ngimbang Yayik Ahmad.
 
 
External Affairs Manager EMCL Ichwan Arifin menjelaskan bahwa Program Peningkatan Akses Air Bersih Berbasis Partisipasi Masyarakat merupakan Program Pengembangan Masyarakat EMCL pada sektor kesehatan. Sejak 2008 hingga saat ini, EMCL telah membangun 35 tower air, 10,5 kilometer jaringan perpipaan yang memberikan manfaat lebih dari 39 ribu masyarakat di Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora.
 
“Kami berharap, dukungan EMCL dan SKK Migas kepada masyarakat sekitar wilayah operasi Lapangan Minyak Banyu Urip dan Kedung Keris, memberikan manfaat positif dan berkelanjutan,” kata Ichwan Arifin. (*/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Sosok

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Wahyu Agung Nugroho

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Blora - Pembebasan lahan untuk keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah saat ini sudah memasuki ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1660883162.268 at start, 1660883162.5997 at end, 0.33164405822754 sec elapsed