News Ticker
  • Ditinggal Pergi, 3 Rumah Milik Warga Jepangrejo, Blora Ludes Terbakar
  • 6 Marketplace B2B Terbesar di Indonesia
  • Dilepas 4 Jenderal Polisi Asli Blora, Penerbangan Citilink Halim-Ngloram Lancar
  • Bandara Ngloram, Blora Kembali Beroperasi Setelah Beberapa Bulan Berhenti
  • Hanya Tambal Sulam, Jalan Provinsi Ngawen-Kunduran, Blora, Rusak Parah Lagi
  • Bupati Blora Harap 885 Anggota PPS yang Baru Dilantik Jadi Ujung Tombak Pemilu Berkualitas
  • Kabareskrim Polri Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Polres Blora
  • Pulang Kampung di Blora, Kabareskrim Polri Resmikan Pembangunan Sarana Air Bersih
  • 4 Jenderal Polisi Pulang Kampung ke Blora
  • Bupati Blora Harap RSUD Cepu Tampil Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
  • Mayat Warga Ngawi Ditemukan di Sungai Bengawan Solo Ngraho, Bojonegoro
  • Kenal Lewat MiChat, Inilah Motif Pembunuhan Wanita yang Ditemukan di Kamar Hotel Blora
  • Penerbangan Halim Perdanakusuma ke Bandara Ngloram Blora Siap Beroperasi Kembali
  • Polisi Tangkap Terduga Pelaku Pembunuhan Wanita di Kamar Hotel di Blora
  • Mayat Perempuan yang Ditemukan Bersimbah Darah di Kamar Hotel di Blora Diduga Korban Pembunuhan
  • Seorang Perempuan Warga Blora Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Hotel
  • Hamili Anak Kandungnya yang Menderita Disabilitas, Seorang Ayah di Blora Ditangkap Polisi
  • Bocah yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Berikut Ini Data Korban yang Terjatuh dari Mobil Boks Milik Dinas Sosial Bojonegoro
  • Plafon Salah Satu Ruangan Gedung Mal Pelayanan Publik Blora Ambrol
  • Jalan Nasional Blora-Rembang di Kecamatan Tunjungan Terancam Longsor
  • Terjatuh dari Mobil Boks, Pegawai Dinas Sosial Bojonegoro Tewas
  • Pabrik Gula Blora PT Gendhis Multi Manis Optimis Sambut Musim Giling 2023
  • Polres Blora Tangkap 3 Orang Terduga Pengedar Sabu-Sabu

Petani Lokal Bojonegoro Jalin Kerja Sama Pasok Beras untuk Katering di Lapangan Minyak Banyu Urip

Bojonegoro - Para petani yang tergabung dalam Koperasi Produsen Agribisnis (KPA) Makmur Sejahtera Bersama, pada Rabu (27/06/2022), tanda tangani kerja sama pasok beras dengan vendor katering Lapangan Minyak Banyu Urip, PT Baashitu Boga Services.
 
Penanda tanganan kerja sama dilakukan di kantor KPA di Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, yang sekaligus dilaksanakan pengiriman perdana beras produk KPA ke kantor Baashitu Boga Services.
 
 
Setidaknya, hingga hari ini telah sudah terkirim  1,1 ton beras. Selanjutnya beras dikelola oleh Baashitu untuk kebutuhan makan para pekerja di Lapangan Banyu Urip.
 
Jajaran manajemen dari operator Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited selaku pengguna jasa Baashitu juga menyaksikan acara ini. Begitu pula Kepala Desa Katur dan Forum Pimpinan Kecamatan Gayam hadir mendukung adanya kerja sama petani lokal dengan perusahaan tersebut.
 
“Kami bangga sekaligus senang bisa menyaksikan penandatanganan kerja sama ini. Sebuah awal yang baik untuk kesuksesan bersama,” ujar External Affairs Manager EMCL, Ichwan Arifin.
 
 
 
 
Ichwan menuturkan bahwa KPA Makmur Sejahtera Bersama adalah hasil dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan EMCL sejak tahun 2014.
 
Pada saat itu, EMCL memberikan pendampingan kepada para petani di sekitar Lapangan Banyu Urip. Mulai dari petani padi, peternak, hingga masyarakat produsen hasil pertanian.
 
Menurutnya, KPA menjadi wadah bagi 263 petani binaan program dari 12 desa di Kecamatan Gayam dan 2 desa di Kecamatan Kalitidu. Pada para petani dibeli oleh koperasi, lalu diolah menjadi produk beras konsumsi. “Patembayan Dewi Sri” adalah merk beras jenis menthik wangi yang dijual oleh KPA.
 
 
Produk beras tersebut dijual kepada konsumen di toko-toko dan minimarket, serta kerja sama dengan perusahaan seperti hotel dan distributor. Beras Patembayan Dewi Sri beredar di Bojonegoro hingga beberapa kota lainnya di Jawa Timur. Lebih dari seribu ton gabah kering telah diserap dari petani dan diolah menjadi beras produk KPA yang bernilai lebih, serta pada akhirnya keuntungan koperasi kembali untuk para petani sebagai anggota.
 
“Kerja sama KPA dengan Baashitu adalah upaya kita untuk menciptakan nilai bersama atau creating shared value dari program kemasyarakatan yang kita laksanakan,” tutur Ichwan Arifin.
 
Melalui kerja sama ini, tutur Ichwan, selain programnya berkelanjutan, juga meningkatkan daya saing KPA sebagai produsen beras. Kerja sama terwujud setelah berbagai upaya dilakukan agar KPA bisa memenuhi standard kualitas industri hulu migas yang menerapkan prioritas utama pada keselamatan dan kesehatan.
 
“Kerja sama ini menjadi bukti bahwa para petani yang tergabung di KPA mampu bersaing di pasar industri pangan,” kata Ichwan.
 
 
Sementara itu, Kepala Desa Katur, Sukono selaku tuan rumah bagi KPA menyampaikan apresiasi kepada EMCL dan Baashitu yang telah memberi kesempatan bagi petani lokal untuk menjadi bagian dari industri hulu migas yang ada di Lapangan Banyu Urip. Sejak awal adanya KPA, dirinya mengharapkan adanya kerja sama ini.
 
“Hari ini terwujud impian saya sejak lama. Saya sangat terharu dan bangga,” ujar Sukono.
 
Ketua KPA, Darusman mengatakan bahwa kerja keras para petani untuk mewujudkan kerja sama pasok beras ini sangat luar biasa. Proses mulai dari uji kualitas di laboratorium hingga sertifikasi dilakukan dengan sabar dan konsisten, pantang menyerah. Bagi mereka, tidak mudah untuk sampai pada level tersebut.
 
“Terima kasih kepada EMCL yang terus mendukung kami. Mulai dari pendampingan, pemberian modal usaha, hingga bantuan alat seperti penggilingan, ayakan gabah, dan berbagai alat penunjang lainnya demi terwujudnya kemandirian petani lokal,” tutur Darusman.
 
Dia berharap, KPA bisa terus menjawab tantangan dan kebutuhan industri dan para petani. KPA bisa menjadi solusi bagi petani lokal dan turut membantu ketahanan pangan di Kabupaten Bojonegoro.
 
“Semoga kita bisa terus konsisten, maju, dan mampu bersaing ke level yang lebih tinggi dan lebih luas cakupannya,” kata Darusman. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Bupati Blora Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Ke-345 Kabupaten Bojonegoro

Hari Jadi Bojonegoro Ke-345

Bupati Blora Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Ke-345 Kabupaten Bojonegoro

Selamat Ulang Tahun Bojonegoro Bupati Blora, H. Arief Rohman SIP MSi, sampaikan ucapan selamat Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) ke-345 ...

Opini

Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Akut Misterius

Opini

Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Akut Misterius

Pandemi COVID-19 belum berakhir. Beberapa penyakit serius dan ganas yang lain, mengekor dan ikut meramaikan situasi yang mencemaskan. Dunia sudah ...

Infotorial

6 Marketplace B2B Terbesar di Indonesia

6 Marketplace B2B Terbesar di Indonesia

INDONESIA dikenal memiliki beragam jenis marketplace yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk menjual produk atau jasa mereka. Salah ...

Feature

Warga Blora Ini Raup Pundi-pundi Rupiah dengan Jual Tutorial Pembuatan Patung Lilin Miniatur

Warga Blora Ini Raup Pundi-pundi Rupiah dengan Jual Tutorial Pembuatan Patung Lilin Miniatur

Blora - Karya seni patung lilin (plastisin) miniatur yang di buat warga Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menarik perhatian sejumlah orang, ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1675063419.1777 at start, 1675063419.5643 at end, 0.38660407066345 sec elapsed