News Ticker
  • Doa untuk Korban Tragedi Kanjuruhan Malang, Suporter Saminista Blora Gelar Aksi Solidaritas
  • Update Penemuan Bayi di Dander, Bojonegoro, Polisi Masih Belum Temukan Ibu Kandung Bayi
  • Diduga Lupa Matikan Kompor, Satu Rumah di Blora Ludes Terbakar
  • Perangkat Desa di Semanding, Tuban Ini Kaget Saldo Tabungannya Jadi Rp 14,8 Triliun
  • Blora Fashion Week, Diharapkan Jadi Titik Awal Bangkitnya Industri Fashion di Blora
  • Kepergok Curi Uang Kotak Amal di Musala, Pria di Blora Jadi Bulan-bulanan Warga
  • Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas
  • Puluhan Emak-emak di Todanan, Blora Gelar Aksi Demo, Tuntut Penutupan Karaoke CI
  • Polisi: Foto yang Beredar di Medsos Bukan Ibu Kandung Pembuang Bayi di Dander, Bojonegoro
  • Sejumlah Saksi Dipanggil, Polisi Belum Temukan Ibu Kandung yang Buang Bayinya di Dander, Bojonegoro
  • Belasan Keluarga Ingin Mengadopsi Bayi yang Ditemukan di Dander, Bojonegoro, Begini Caranya
  • Polisi Masih Mencari Ibu Kandung yang Tega Buang Bayinya di Dander, Bojonegoro
  • Diduga Sengaja Dibuang, Sesosok Bayi Perempuan Ditemukan di Dander, Bojonegoro
  • Ops Sikat Jaran Candi 2022, Polres Blora Tangkap 6 Tersangka dengan Barang Bukti 6 Motor
  • BLT DD di Blora Dipotong, Bupati Perintahkan Dikembalikan dan Awasi Pengembalian Potongan
  • Diduga Pengemudi Mengantuk, Avanza Tabrak Truk di Baureno, Bojonegoro, 3 Orang Tewas
  • Pulang dari Sawah, Seorang Petani di Dander, Bojonegoro, Tewas Disambar Petir
  • Berkunjung ke Blora, MenPAN RB Minta Reformasi Birokrasi Tak Hanya Sekadar Tumpukan Kertas
  • Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Minta Semua Pihak Tidak Lakukan Pemotongan Bantuan Sosial
  • BLT BBM Disunat, Bupati Blora Angkat Bicara, Potongan Sudah Dikembalikan
  • Pernah 3 Kali Gagal Bunuh Diri, Warga Ngasem, Bojonegoro, Ditemukan Meninggal Gantung Diri
  • Viral, Beredar Video Istri Kadus di Blora Potong BLT BBM Rp 20 Ribu Per Orang
  • KLHK, UGM, dan Pertamina Resmikan Hutan Pertagama KHDTK Getas, di Blora
  • Danur Rispriyanto Kembali Terpilih jadi Manajer Tim Futsal Siwo PWI Jateng di Porwanas 2022

Donasi dari Pembaca kumparan untuk Janda Miskin di Jenu, Tuban Telah Disalurkan

Tuban - Melalui campaign kumparanDerma berjudul Hidup Layak untuk Janda Miskin di Tuban, telah terkumpul dana sebesar Rp 2.789.530 dari 57 donatur pembaca kumparan.
 
Melalui media partner kumparan, yaitu beritabojonegoro.com, donasi itu disalurkan kepada ahli waris Mbah Srilah di rumahnya, di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Rabu (10/08/2022), karena Mbah Srilah ternyata telah meninggal dunia pada bulan November 2021 lalu.
 
Donasi yang awalnya direncanakan untuk pengobatan itu akhirnya dialihkan sebagai uang duka bagi ahli waris yang ditinggalkan.
 
 
Mbah Srilah, begitu ia biasa dipanggil. Perempuan berusia 80 tahun ini hidup sebatang kara di tengah tetangganya yang menerima uang miliaran rupiah dari ganti rugi lahan untuk proyek Kilang Tuban atau New Grass Root Refinery (NGRR).
 
Namun, karena tidak memiliki sawah atau tanah yang terdampak proyek Kilang Tuban, Mbah Srilah tidak mendapat ganti rugi pembebasan lahan proyek tersebut.
 
Mbah Srilah tinggal di rumah dengan ukuran 3 kali 4 meter, dengan rangka dari kayu, dinding dari kayu dan triplek, atap dari asbes, serta lantai dari semen. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Mbah Srilah menggantungkan pemberian anaknya yang bernama Darmiun, dan belas kasihan dari para tetangganya.
 
 

Wartawan beritabojonegoro.com, Ayu Fadillah, didampingi Danramil dan Kapolsek Jenu, serta Sekdes Sumurgeneng, saat serahkan donasi dari pembaca kumparan kepada ahli waris Mbah Srilah. Rabu (10/08/2022), (foto: dok istimewa)

 
Saat berkunjung di rumah Mbah Srilah di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, untuk menyalurkan donasi dari pembaca kumparan, kedatangan awak media ini di rumah Darmiun diterima oleh istrinya yang bernama Siti Kasiyah, karena Darmiun sedang bekerja.
 
Turut hadir dalam penyaluran donasi dari pembaca kumparan tersebut, Danramil Jenu Kapten Arh Sudiono, Kapolsek Jenu AKP Gunawan Wibisono, dan Sekretaris Desa (Sekses) Sumurgeneng, Siti Asiyah.
 
 
Siti Kasiyah, menantu dari Mbah Srilah menyampaikan bahwa Mbah Srilah telah meninggal pada bulan November tahun 2021 lalu.
 
Dirinya menyampaikan terima kasih kepada pembaca kumparan yang telah memberikan donasi kepada Mbah Srilah. Ia mengaku tak menyangka jika donasi tersebut diberikan kepadanya.
 
"Saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah yang membalas kebaikan untuk semuanya, nanti uang ini saya gunakan untuk pengajiannya Mbah Srilah memperingati satu tahunnya," ucap Siti Kasiyah, usai menerima donasi dari pembaca kumparan.
 
 
Siti Kasiyah mengatakan, almarhum Mbah Srilah sebelumnya memang tinggal sendiri karena menolak hidup dengan putranya lantaran sudah memiliki keluarga sendiri dan tak mau merepotkan putranya.
 
Menurutnya, Mbah Srilah memiliki dua anak, yaitu Darmiun yang tinggal satu desa dengan Mbah Srilah, dan seorang anak lagi yang tinggal di desa lain.
 
"Tapi setiap hari saya yang kirim makan untuk ibu (Mbah Srilah), tak ajak ke sini tidak mau," ucapnya.
 
Menurut Siti Kasiyah, di akhir hayatnya, Mbah Srilah sering sakit-sakitan hingga akhirnya meninggal dunia.
 
"Mulai biaya pengobatan dan pemakaman kami yang mengurus." kata Siti Kasiyah.
 
 

Wartawan beritabojonegoro.com, Ayu Fadillah (kanan), saat foto bersama dengan ahli waris (menantu) Mbah Srilah, Siti Kasiyah. Rabu (10/08/2022), (foto: dok istimewa)

 
Sekdes Sumurgeneng Siti Aisyah mengatakan, mewakili Pemdes Sumurgeneng dirinya mengucapkan terima kasih kepada pembaca kumparan yang telah memberikan donasi kepada almarhum Mbah Srilah, yang telah diterima oleh ahli warisnya yaitu Darmiun yang diwakilkan kepada istrinya Siti Kasiyah.
 
"Memang semua biaya pengobatan, pemakaman, dan kirim doa sudah dibiayai oleh anaknya, Bapak Darmiun, sehingga donasi yang telah diberikan semoga dapat bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan," ucap Sekdes Sumurgeneng Siti Aisyah.
 
Sementara itu, Kapolsek Jenu AKP Gunawan Wibisono sangat mengapresiasi atas penggalangan dana yang dilakukan oleh media kumparan, untuk almarhum Ibu Srilah.
 
"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada kumparan. Semoga uang donasi dari pembaca kumparan ini dapat bermanfaat bagi keluarga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," tutur Kapolsek Jenu AKP Gunawan Wibisono.
 
 
 
 
 
Sekadar diketahui, donasi dari pembaca kumparan ini terkumpul setelah kisah Mbah Srilah tayang di beritabojonegoro.com dan kumparan pada Jumat (26/02/2021) lalu.
 
Selanjutnya melalui program Campaign kumparanDerma berjudul Hidup Layak untuk Janda Miskin di Tuban, mengajak para pembaca kumparan untuk mengulurkan bantuan untuk Mbah Srilah agar bisa hidup layak di usia senja.
 
Dari program tersebut, terdapat 57 pembaca kumparan yang terketuk hatinya untuk berdonasi, hingga akhirnya terkumpul dana sebesar Rp 2.789.530, yang selanjutnya donasi tersebut disalurkan hari ini kepada ahli waris Mbah Srilah, karena yang bersangkutan telah meninggal dunia. (ayu/imm)
 
 
Reporter: Ayu Fadillah SIKom
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Infotorial

Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas

Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas

Jakarta - Infinix Note 12 menjadi bagian penting dari koleksi brand smartphone Infinix yang merilis beberapa ponsel pada tahun 2022 ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1664858402.0034 at start, 1664858403.4948 at end, 1.4914169311523 sec elapsed