News Ticker
  • Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro Masih Mengutamakan Tanggap Darurat
  • Pertamina Terus Eksplorasi Semua Potensi Sumber Daya Migas Secara Masif dan Agresif 
  • Ribuan Rumah Warga di Desa Kabunan, Kecamatan Balen, Bojonegoro Terendam Banjir
  • Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Kabupaten Bojonegoro
  • Terseret Arus Banjir, Bocah Usia 2 Tahun di Balen, Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Sungai Pacal Meluap, Belasan Desa di Kecamatan Balen dan Sukosewu, Bojonegoro Tergenang Banjir
  • Kontraktor Datangkan Tim Penyelam untuk Buka Pintu Waduk Pacal di Bojonegoro yang Macet
  • Waduk Pacal Meluap Akibat Pintu Air Macet, Jalan Darurat Bojonegoro-Nganjuk Dijebol
  • Diguyur Hujan Satu Jam, Sejumlah Ruas Jalan di Dalam Kota Bojonegoro Tergenang Banjir
  • Menjaga Keselamatan Sesama
  • Polres Bojonegoro Akan Bentuk Satuan Tugas untuk Tangani Kasus Arisan Bodong
  • Kecelakaan Truk Tangki LPG Vs Innova di Blora, 6 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit
  • Inilah Rangkaian Acara Peringatan Hari Jadi Ke-273 Kabupaten Blora Tahun 2022
  • Hari Jadi Ke-273 Kabupaten Blora Angkat Tema 'Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan'
  • Lagi, Puluhan Orang Jadi Korban Arisan Online di Bojonegoro, Kerugian Capai Rp 1,7 Miliar
  • Hendak Dipindah, 2 Makam di Sugihwaras, Bojonegoro Kain Kafannya dalam Kondisi Masih Utuh
  • Terima Aduan Korban Arisan Online, Polres Bojonegoro Segera Lakukan Penyelidikan
  • Belasan Orang di Bojonegoro Laporkan Owner Arisan Online ke Polisi
  • EMCL Gelar ExxonMobil Volunteer Program di Gayam, Bojonegoro
  • Bupati Harap Kampung Jargas di Kabupaten Blora Diperluas
  • Polres Blora Amankan 16 Remaja Terduga Pelaku Pengeroyokan dan Pembacokan
  • Ternyata Ini Manfaat Menonton TV Bersama Keluarga Tercinta
  • Owner Arisan Online Asal Bojonegoro Dilaporkan oleh Membernya ke Polrestabes Surabaya
  • Antisipasi Sub Varian XBB COVID-19, Bupati Blora Minta Dinkes Genjot Vaksinasi

Berkunjung ke Blora, MenPAN RB Minta Reformasi Birokrasi Tak Hanya Sekadar Tumpukan Kertas

Blora- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) H Abdullah Azwar Anas MSi, pada Jumat malam (23/09/2022), memberikan pengarahan dan pembinaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora.
 
Dalam arahannya, MenPAN RB menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), reformasi birokrasi harus memberikan dampak nyata dan tidak hanya sekadar tumpukan kertas saja
 
“Reformasi birokrasi ini menjadi program prioritas Presiden, untuk mendorong pelayanan kepada masyarakat. Kita menyampaikan pesan bapak Presiden bahwa reformasi ini bukan hanya tumpukan kertas, tapi reformasi birokrasi ini harus berdampak nyata,” tutur MenPAN RB
 
 
Kegiatan yang digelar di Ruang Pertemuan Setda Blora tersebut dihadiri Bupati Blora H Arief Rohman, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, dan diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajaran pegawai ASN di lingkungan Pemkab Blora baik secara luring mapupun daring.
 
Menurut Menteri Azwar Anas, reformasi birokrasi di Kabupaten Blora sudah mulai berdampak, Ia mendorong agar dampak tersebut diresonasi hingga ke bawah.
 
“Reformasi birokrasi itu sederhana saja, harus berdampak. Pak Bupati memimpin kan dampaknya keliatan. Ini tidak usah diskusi panjang, ada MPP, daerahnya lebih rapi, Pemdanya lebih bersemangat dan seterusnya,” kata Azwar Anas.
 
 

MenPAN RB Abdullah Azwar Anas, saat memberikan pengarahan dan pembinaan kepada ASN di lingkungan Pemkab Blora. Jumat malam (23/09/2022). (foto: dok istimewa)

 
Mantan Bupati Banyuwangi dua periode tersebut menegaskan bahwa ke depan, di tahun 2050, Indonesia diprediksi akan menjadi 4 besar negara yang paling maju ekonominya. Maka kemudian penyiapan SDM diperlukan mulai dari sekarang.
 
“Ini menuju ke sini. Kita harus siapkan aparaturnya yang hebat, kalau tidak disiapkan SDM-nya tentu ke depannya akan menjadi problem. Oleh karena itu reformasi birokrasi menjadi penting, penyiapan ASN tetapi reformasi birokrasi harus berdampak,” kata MenPAN Azwar Anas.
 
Azwar Anas menambahkan, reformasi birokrasi itu harus lincah melayani, dan reformasi birokrasi fokusnya harus sesuai dengam target prioritas Presiden.
 
“Reformasi birokrasi harus lincah, Bapak harus jemput bola ke bawah karena itu akan dirasakan oleh orang, gerakan semua ASN untuk bergerak, tadi kita lihat (di Blora) ada 7.969 ASN dan ada 5.310 non ASN,” kata Azwar Anas.
 
 
Azwar Anas kemudian memaparkan ada beberapa fokus reformasi birokrasi, yakni, pertama adalah reformasi birokrasi yang berkaitan dengan penanganan kemiskinan. Seperti halnya inovasi-inovasi yang berkaitan dengan upaya penurunan kemiskinan, misalnya penanganan anak putus sekolah, dan lainnya, ke depan akan jadi prioritas.
 
Kedua, reformasi birokrasi yang terkait untuk menumbuhkan investasi, maka program yang memberikan layanan percepatan jemput bola yang mendorong investasi tumbuh ini akan jadi penilaian pemerintah. Kemudian yang ketiga, reformasi birokrasi berkaitan dengan layanan administrasi digital.
 
Pihaknya berharap agar daerah dapat belajar dengan daerah-daerah lainnya, kaitannya dengan reformasi birokrasi guna mewujudkan pelayanan yang berkualitas.
 
“Kita sangat berharap daerah-daerah bisa menjadi contoh daerah lain dan saya harap Blora ini karena Pak Bupatinya semangat, jaringannya luas, bisa menjadi model untuk daerah sekitar sehingga dengan begitu pelayaananya bisa bagus,” katanya
 
 

MenPAN RB Abdullah Azwar Anas, saat memberikan pengarahan dan pembinaan kepada ASN di lingkungan Pemkab Blora. Jumat malam (23/09/2022). (foto: dok istimewa)

 
Sementara itu, Bupati Arief Rohman menyampaikan rasa terimakasihnya atas berkenannya MenPAN RB untuk memberikan arahan kepada seluruh ASN Pemkab Blora. Bupati beserta seluruh jajaran ASN Pemkab Blora siap untuk menindaklanjuti arahan yang telah disampaikan MenPAN RB.
 
Ia berharap agar implementasi reformasi birokrasi di Kabupaten Blora dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan.
 
Di hadapan MenPAN RB, Bupati Arief juga menyampaikan paparan terkait potret SDM Aparatur Pemerintah Kabupaten Blora.
 
“Ini yang bisa kita sampaikan kita fokus sampaikan laporan tentang honorer, tentang sakip, yang terus kita kawal. Kita berupaya agar indikator indikator penilaian bisa naik,” ungkap Bupati
 
 
Bupati mengungkapkan bahwa Pemkab Blora juga ingin belajar terkait reformasi birokrasi dengan daerah lain, seperti halnya Banyuwangi yang saat ini telah maju.
 
“Tentunya kita ingin belajar dari Banyuwangi yang sudah baik. Insha Allah kita akan segera jadwalkan ke Banyuwangi. Terima kasih Pak Menteri, matur nuwun atas kunjungannya, mohon pencerahan, arahan, dan bimbingan supaya Blora bisa menyusul Banyuwangi,” kata Bupati Arief Rohman. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
 
Exxon Mobil untuk BeritaBlora.com
Berita Terkait

Videotorial

Bupati Blora Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Ke-345 Kabupaten Bojonegoro

Hari Jadi Bojonegoro Ke-345

Bupati Blora Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Ke-345 Kabupaten Bojonegoro

Selamat Ulang Tahun Bojonegoro Bupati Blora, H. Arief Rohman SIP MSi, sampaikan ucapan selamat Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) ke-345 ...

Opini

Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Akut Misterius

Opini

Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Akut Misterius

Pandemi COVID-19 belum berakhir. Beberapa penyakit serius dan ganas yang lain, mengekor dan ikut meramaikan situasi yang mencemaskan. Dunia sudah ...

Infotorial

Menjaga Keselamatan Sesama

Menjaga Keselamatan Sesama

'Menjadi pahlawan tidak harus selalu berlaga di medan peperangan. Banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk menjaga keselamatan lingkungan dan sesama. ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1669564829.3065 at start, 1669564829.5881 at end, 0.28165483474731 sec elapsed