News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
Sambut Hari Jadi, Pemkab Blora Lakukan Ziarah Makam dan Anjangsana ke Mantan Bupati

Hari Jadi Ke-273 Kabupaten Blora

Sambut Hari Jadi, Pemkab Blora Lakukan Ziarah Makam dan Anjangsana ke Mantan Bupati

Blora - Menyambut Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora yang jatuh pada 11 Desember 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora pada Rabu (07/12/2022), melaksanakan ziarah ke makam para leluhur dan Bupati Blora tempo dahulu dan melaksanakan anjangsana ke kediaman para mantan Bupati Blora yang masih hidup.
 
Ziarah dan anjangsana dipimpin langsung oleh Bupati H Arief Rohman dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, dan jajaran Forkopimda, dan diikuti Sekda Blora, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, hingga para Kepala Desa (Kades) dan Lurah.
 
 
Rombongan berangkat bersama dari Pendopo Rumah Dinas Bupati pukul 08.00 WIB, untuk melakukan ziarah ke Makam Keluarga Tirtonatan di Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora Kota, yang mana di makam tersebut merupakan tempat pemakaman para Bupati Blora tempo dahulu.
 
Di tempat tersebut terdapat makam Tumenggung Djajeng Tirtanata (1762-1782), Raden Tumenggung Prawirajoeda (1812-1823), RT Tirtakoesoema (1782-1812), RT Tirtanegara (1823-1842) dan (1843-1847), RT A Tjakranegara I (1842-1843), RT Natawidjaja (1847-1857), RT A Tjakranegara II (1857-1886), RMT Tjakranegara III (1886-1912), hingga RM Said Abdoelkadir Djaelani (1912-1926) seorang Bupati dari kalangan santri.
 
 

Bupati Blora bersama rombongan saat melaksanakan ziarah ke makam para leluhur dan Bupati Blora tempo dahulu. Rabu (07/12/2022) (Foto: Dok Istimewa)

 
Kemudian rombongan lanjut melaksanakan ziarah ke Komplek Makam Gedong Ageng Sunan Pojok yang berada di selatan Alun-alun Kota Blora. Sunan Pojok merupakan panglima perang sekaligus ulama yang mendirikan Masjid Agung Baitunnur Blora.
 
Usai dari kawasan Kecamatan Blora Kota, ziarah berlanjut ke Kecamatan Cepu. Tepatnya ke tempat pemakaman umum (TPU) Giri Mulyo, untuk ziarah ke makam almarhum Bupati Ir H Basuki Widodo (Bupati Blora 1999-2007).
 
Kemudian berlanjut ziarah ke Makam Mbah Janjang (Jati Kusumo-Jati Sworo). Keduanya merupakan putra pangeran Pajang sekaligus ulama penyebar agama Islam yang makam atau pesareannya berada di atas bukit Desa Janjang, Kecamatan Jiken.
 
 
Di masing-masing lokasi ziarah ini, Bupati dan rombongan melakukan pembacaan tahlil dan tabur bunga di pusara makam bupati tempo dulu dan para leluhur yang sudah meninggal.
 
Bupati Arief Rohman menjelaskan bahwa ziarah makam tersebut dilakukan untuk kembali mengingatkan kepada generasi penerus dan siapa saja, bahwa berdirinya dan keberlangsungan Kabupaten Blora tidak terlepas dari jasa para pendahulu yang kini telah gugur.
 
"Sekaligus untuk mendoakan agar arwah para leluhur dan Bupati Blora yang telah meninggal diberikan tempat terbaik di Sisi-Nya," tutur Bupati.
 
 
Selain ziarah ke makam leluhur dan Bupati tempo dulu, Bupati bersama rombongan juga melaksanakan anjangsana ke kediaman para mantan Bupati yang masih hidup, di antaranya di kediaman Yudi Sancoyo (Bupati Blora 2007-2010). Hal ini dimaksud sebagai bentuk penghormatan kami kepada pendahulu sekaligus menjalin silaturahmi dan meminta saran masukan untuk Blora yang lebih baik.
 
"Semoga Pak Yudhi Sancoyo selalu diberikan kesehatan. InshaAllah kami undang untuk hadir dalam malam resepsi Hari Jadi ke-273 tanggal 12 Desember 2022 nanti di Alun-alun," ucap Bupati Arief Rohman.
 
Selain itu, rombongan Bupati juga akan melaksanakan anjangsana ke kediaman Djoko Nugroho (Bupati Blora 2010-2021), namun karena Djoko Nugroho sedang berada di luar kota, sehingga belum bisa dilaksanakan hari ini.
 
"Namun karena beliaunya sedang berada di luar Kota, sehingga belum bisa dilaksanakan hari ini. Kabarnya beliau persiapan mau mantu. Kita doakan semoga mantunya nanti lancar, dan Pak Kokok sehat selalu, aamiin," tutur Bupati.
 
Selain ziarah di wilayah Kabupaten Blora, Bupati juga telah melaksanakan ziarah ke makam Bupati yang dimakamkan di luar daerah.
 
"Beberapa hari lalu kita laksanakan ke Semarang, Temanggung, Yogayakarta, dan Solo. InshaAllah besok akan ziarah ke Tuban, makam Tumenggung Wilotikto (Bupati pertama Blora) di daerah Bejagung Tuban,” kata Bupati.
 
 

Bupati Blora bersama rombongan saat melaksanakan anjangsana ke kediaman Yudi Sancoyo (Bupati Blora 2007-2010). Rabu (07/12/2022) (Foto: Dok Istimewa)

 
Sementara itu, RM Yudhi Sancoyo, Bupati Blora 2007-2010, yang didatangi Bupati Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati dan Forkopimda di kediamannya di Jalan Tentara Pelajar, mengaku senang dan bangga dengan tradisi anjangsana yang digagas Bupati Arief Rohman.
 
"Kami yang sudah lama pensiun, merasa senang sekaligus bangga dengan apa yang dilakukan Mas Arief dan jajaran Pemkab Blora ini. Ini tradisi baru di era Mas Arief. Apalagi saya ini sudah lama mengenal Mas Arief. Ayahnya itu sahabat saya, dulu saat Mas Arief nikah di Jakarta, saya juga datang," tutur RM Yudhi Sancoyo.
 
 
Yudhi Sancoyo yang kini aktif di Yayasan Ronggolawe pendiri Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu ini optimis bersama Bupati Arief Rohman bisa mewujudkan berdirinya Universitas di Kabupaten Blora.
 
"Berkat bantuan Mas Arief lah, semoga tahun depan STTR bisa meningkat menjadi Universitas. Universitas pertama di Kabupaten Blora. Karena menurut kami pendidikan menjadi hal utama dalam membangun SDM Blora yang unggul. Seperti slogan Mas Bupati, Sesarengan mBangun Blora unggul dan berdaya saing," tutur RM Yudhi Sancoyo. (teg/imm
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Iklan EMCL
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1714175182.2244 at start, 1714175182.5354 at end, 0.31097888946533 sec elapsed